THE ANALYSIS OF RECOUNT TEXT WRITTEN BY TENTH GRADERS OF SMAN 2 BLITAR

  • BAGUS CANDRA SADEWA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini berjudul “Analisa Teks Recount yang ditulis oleh Siswa-Siswi Kelas X, SMANegeri 2 Blitar”. Penelitian ini mengambil dua pokok permasalahan. Pertama, bagaimana siswa-siswi kelas X menulis teks recount dalam prasyarat dari generic structure. Perasalahan yang kedua, bagaimana siswa-siswi kelas X menulis teks recount dalam prasyarat dari language features. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan teks recount dalam prasyarat generic structure dan language features. Penelitian ini menggunakan teori teks recount dari Anderson dan Anderson. Khususnya untuk aspek-aspek generic structure dan language features. Teks recount terdiri dari tiga bagian generic structure.Tiga bagian tersebut adalah orientation, events, dan reorientation. Sedangkan language features dari teks  recount adalah subjek, chronological connection, tenses lampaudan kata hubung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dimana peneliti menjelaskan hasil dari penelitian dengan cara mendeskripsikan data yang ada. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalah teknik observasi langsung. Hasil dari analisa pada bab IV, ditemukan bahwa kesalahan yang telah dibuat oleh sebagian besar siswa-siswi adalah pada bagian orientation dan events. Pada bagian orientation, beberapa siswa-siswi tidak memberikan informasi tempat dan waktu secara jelas. Dan pada bagian events, beberapa siswa-siswi menulis cerita mereka dengan tidak kronologis. Kemudia pada bagian language features, sebagian besar dari mereka lupa untuk menggunakan tenses dalam bentuk lampau. Dapat disimpulkan bahwa siswa-siswi kelas X SMA Negeri 2 Blitar telah menulis teks recount berdasarkan komponen-komponennya dalam tugas menulis mereka. mereka telah memenuhi standart dalam penulisan teks recount.

Kata Kunci: Recount, Teks, Analisa

 

Abstract

This study entitled “The Analysis of Recount Text Written by Tenth Graders of SMAN 2 Blitar”. This study concerns of two statements of problems. First is how the tenth graders write a recount text in term of generic structure. The second problem is how the tenth graders write a recount text in term of language features.The purpose of the study is to describe the tenth grader’s recount text in term of its generic structure and language feature.This study used theory of recount text based on the Anderson and Anderson. Especially for the generic stucture and language features aspects. Recount text consists of three parts of generic stuctures. They are orientation, events and reorientation. The language features of recount text are personal participant, chronological connection, action verb, past tense and conjunction. The method used in this research is a descriptive where the researcher explained the result of research by describing the data gained. The technique used for collecting data is direct observation technique.The result of the analysis in the chapter IV, it was found that the error that have been made by most student are in orientation and events. In the orientation part,some students who did not give the information of the place of the story (where) and the time (when). Then in the events part some students who wrote their story unchronologicaly. Then in the language features, most of them forgot to use past tense in their sentences.The findings found that the tenth graders of SMA Negeri 2 Blitar have organized all of the recounts text components in their writing assignment. They were able to implement both of generic structure and language features of recounts text properly.

Key Words: Recount, Text, Analysis

Published
2015-01-29
Abstract View: 10
PDF Download: 7