COOPERATIVE LEARNING TIME TOKEN IN THE TEACHING OF SPEAKING

  • RACHDA ADILLA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini menunjukkan bahwa rehearsal, feedback, dan engagement dalam Cooperative Learning Time Token telah di implementasikan dalam proses belajar dan mengajar materi berbicara. Dengan demikian, tujuan dari peneitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana guru mengimplementasikan Cooperative Learning Time Token dalam proses belajar mengajar kemampuan berbicara. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan fenomena secara mendalam dengan menggunakan kata-kata. Maka dari itu, instrument utama dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Untuk membantu pengambilan penelitian, peneliti menggunakan cacatan lapangan dari proses observasi. Peneliti memilih seorang guru sebajai subjek penelitian ini merujuk pada pengalaman guru tersebut yang telah menggunakan tehnik-tehnik Cooperative Learning dalam proses belajar mengajar, salah satunya adalah Cooperative Learning Time Token.

Hasil dari penelitian ini adalah proses rehearsal, feedback, dan engagement dalam Cooperative Learning Time Token cukup berhasil di implementasikan. Aktivitas rehearsal yang di lakukan oleh guru untuk mempersiapkan murid-murid sebelum melakukan aktivitas. Sedangkan aktivitas feedback di laksanakan untuk memberi kesempatan pada guru untuk memberikan masukan kepada murid-murid mengenai performa mereka dalam aktivitas. dan yang terakhir, aktivitas engagement menunjukkan bagaimana guru membuat aktivitas yang di lakukan menjadi lebih hidup lagi dengan cara mengatur bangku menjadi huruf “U” sehingga murid-murid lebih mudah untuk mengikuti jalannya aktivitas.

Kata Kunci: Cooperative Learning, Time Token, Berbicara, Teks Deskriptif, Rehearsal, Feedback, dan Engagement.

 

Abstract

This research aimed to describe how the teacher implement rehearsal, feedback, and engagement during Cooperative Learning Time Token in the teaching of speaking. The design of this research is descriptive research which aimed to describe the phenomenon in depth by using words. Therefore, the researcher is the main instrument of this research. The researcher also used field note to gain the data during the observation. The researcher use the teacher as the subject since she has already implemented many of Cooperative Learning technique, including Cooperative Learning Time Token.

The result of this research was the rehearsal, feedback, and engagement activities during Cooperative Learning Time Token was going fairly well. The rehearsal was done by the teacher to prepare the students before doing the activity. The feedback activity gave the teacher chance to advising the students regarding the performance. And the engagement activity showed how the teacher make the activity live by arranging the chair into “U” shape to make the students easier to follow the activity.

Keywords: Cooperative Learning, Time Token, Speaking, Descriptive Text, Rehearsal, Feedback, and Engagement.

 

 

Published
2015-05-22
How to Cite
ADILLA, R. (2015). COOPERATIVE LEARNING TIME TOKEN IN THE TEACHING OF SPEAKING. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/11536
Abstract Views: 30
PDF Downloads: 26