THE IMPLEMENTATION OF DEMONSTRATION TECHNIQUE TO TEACH SPEAKING PROCEDURE TEXT TO THE ELEVENTH GRADERS OF JASA BOGA MAJOR

  • HILDA LUSSI INDRIANI

Abstract

Abstrak

Salah satu keterampilan yang paling penting dalam pengajaran bahasa berdasarkan kurikulum 2013 untuk sekolah kejuruan adalah keterampilan berbicara. Oleh karena itu, keterampilan berbicara adalah obyek penting dari penilaian (Luoma, 2004). Selain keterampilan berbicara, pembelajar bahasa terikat untuk menguasai mendengar, membaca, dan keterampilan menulis sebagai keterampilan yang mendukung untuk pembelajar bahasa sebagai alat komunikasi. Bentuk yang diucapkan telah dianggap sebagai bentuk utama dari bahasa (Vachek 1973 di Hughes, 2002). Hal ini dapat didefinisikan bahwa berbicara merupakan interaksi antara dua orang atau lebih  dalam mengubah ide-ide dan berdebat sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan manusia dan gerakan dunia. Selain itu, berbicara adalah proses interaktif membangun makna yang melibatkan memproduksi, menerima, dan mengolah informasi (brown, 1994; membakar & joyce, 1997). Guru harus dapat mendorong siswa untuk berbahasa Inggris sebanyak mungkin. Oleh karena itu, guru perlu membuat suasana kelas menjadi menyenangkan dan membuat siswa tertarik untuk belajar tentang bahasa Inggris. Kemudian, untuk mengatasi masalah pengajaran bahasa Inggris di sekolah kejuruan, penggunaan teknik demonstrasi adalah pilihan yang cocok.

Demonstrasi adalah teknik yang menjelaskan proses atau memberitahu bagaimana melakukan sesuatu, bagaimana membuat sesuatu atau bagaimana sesuatu bekerja (Rudolph dan Katleen, 2003: 232). Hal ini juga didukung oleh Brown et al (1983: 307) yang mengatakan bahwa meskipun siswa itu sendiri tidak dapat secara langsung memanipulasi item ditampilkan dalam demonstrasi, mereka mungkin terlibat dengan subjek karena mereka melihat hal-hal tertentu yang menarik perhatian mereka. Penelitian ini dilakukan untuk menggambarkan pelaksanaan teknik demonstrasi dalam mengajar berbicara teks prosedur, tanggapan siswa terhadap penerapan teknik demonstrasi dalam pengajaran prosedure. Peneliti menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dalam penelitiannya. Siswa kelas XI jurusan jasa boga di SMKN 6 SURABAYA adalah subyek pengamatan nya. Selain itu, peneliti menggunakan observasi dengan menggunakan catatan lapangan sebagai teknik pengumpulan data untuk menggambarkan teknik pelaksanaan mengajar berbicara teks prosedur. Kemudian untuk mengetahui siswa tanggapan dari pelaksanaan teknik demonstrasi untuk mengajar berbicara teks prosedur, peneliti menggunakan kuesioner.

Setelah mengumpulkan data, maka peneliti menganalisis mereka. Berdasarkan pengamatan, ia menemukan bahwa teknik demonstrasi pelaksanaan guru tepat. Karena teknik itu, siswa bisa melakukan berbicara nyata. Sementara itu, mereka bisa mengatur bahan berbicara dan disesuaikan dengan penonton dengan cara yang tepat. Hal itu membuat siswa lebih percaya diri untuk berbicara bahasa Inggris di kelas. Oleh karena itu, berdasarkan hasil kuesioner, banyak siswa yang termotivasi dalam belajar berbicara teks prosedur dengan menggunakan teknik demonstrasi karena membuat lebih menarik untuk belajar.

Berdasarkan penjelasan di atas, peneliti membuat kesimpulan bahwa pelaksanaan teknik demonstrasi untuk mengajar berbicara teks prosedur adalah teknik yang tepat. Karena berdasarkan hasil kuesioner, banyak siswa berpendapat bahwa teknik demonstrasi adalah teknik yang tepat untuk belajar berbicara teks prosedur. Hal ini karena teknik demonstrasi mendorong mereka untuk berbicara secara spontan daripada menghafal berbicara mereka. Akhirnya, diharapkan bahwa penelitian ini akan berguna untuk guru bahasa Inggris dan peneliti lainnya.

 

Abstract

One of the most important skills in language teaching based on the curriculum 2013 for vocational school is speaking skills. Therefore, speaking skill is an important object of assessment (Luoma, 2004). Besides speaking skill, language learners are bound to master listening, reading, and writing skills as supportive skills to the language learners as means of communication. The spoken form has been regarded as the primary form of language (Vachek, 1973 in Hughes, 2002). It can be defined that speaking is an interaction between two or more people in changing ideas and arguing something related to the human life and movement of the world. Besides, speaking is an interactive process of constructing meaning that involves producing, receiving, and processing information (brown,1994;burn&joyce,1997). The teacher should be able to encourage the students in order to speak English as much as possible. Therefore, the teacher needs to make an atmosphere of the class become enjoyable and make the students interesting to learn about English. Later on, to overcome the problem of teaching English in vocational school, the use of demonstration technique is a suitable choice.

Demonstration is explaining a process or telling how to do something, how to make something or how something works (Rudolph and Katleen, 2003:232). It is also supported by Brown et al (1983: 307) who says that even though students themselves may not directly manipulate items shown in demonstration, they may become involved with the subject because they are looking at specific things which hold their attention. This study is conducted to describe the implementation of demonstration technique in teaching speaking procedure text, the students’ responses toward the implementation of demonstration technique in teaching speaking procedure text.

The researcher use descriptive qualitative research in her study. The eleventh graders of jasa boga majors in SMKN 6 SURABAYA are the subjects of her observation. Moreover, the researcher used observation by using field note as data collection technique to describe the implementation technique to teach speaking procedure text. Then to know students responses of the implementation of demonstration technique to teach speaking procedure text, the researcher used questionnaire.

After collecting the data, then the researcher analyzed them. Based on the observation, she found that the teacher implementation demonstration technique appropriately. Due to that technique, the students could do the real speaking. Meanwhile, they could organize their speaking materials and adapt it to the audience in appropriate way. It made the students more confident to speak English in the class. Therefore, based on the questionnaire result, many students are motivated in learning speaking procedure text by using demonstration technique because it make more interesting to learn.

Based on the explanation above, the researcher makes conclusion that the implementation of demonstration technique to teach speaking procedure text was an appropriate technique. Because based on the questionnaire result, many students argue that demonstration technique is the appropriate technique to learn speaking procedure text. It is because demonstration technique encourages them to speak spontaneously rather than memorize their speaking. Finally, it is expected that this study will be useful for English teacher and other researchers.

 

 

Keywords: Speaking, Procedure Text, Demonstration

 

Published
2015-08-14
How to Cite
LUSSI INDRIANI, H. (2015). THE IMPLEMENTATION OF DEMONSTRATION TECHNIQUE TO TEACH SPEAKING PROCEDURE TEXT TO THE ELEVENTH GRADERS OF JASA BOGA MAJOR. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/12811
Abstract Views: 84
PDF Downloads: 49