THE READING STRATEGIES USED BY FRESHMEN AT THE STATE UNIVERSITY OF SURABAYA IN COMPREHENDING TEXT

  • NUR FADILAH SHOLAWATI

Abstract

Abstrak

Membaca adalah satu dari kemampuan yang paling penting untuk di kuasai oleh siswa ESL/EFL. Bagaimanapun juga, siswa angkatan pertama dari Departemen Bahasa Inggris menghadapi banyak tantangan di dalam kelas. Ini berdasarkan fakta bahwa kebanyakan dari mereka lemah dalam kemampuan membaca teks akademik, terutama karena strategi membaca pada level Universitas berbeda dengan ketika berada di Sekolah Menengah Atas. Tetapi, kebanyakan dari mereka menerapkan strategi yang sama ketika masih di jenjang Sekolah Menengah Atas ketika membaca teks akademik. Hasilnya, mereka mendapatkan kesulitan untuk memahami teks yang mereka baca.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari tahu kemampuan mereka dalam memahami teks, untuk menginvestigasi strategi apa yang paling sering di gunakan oleh mereka dan untuk mencari tau alasan mereka menggunakan strategy itu. Oleh karena itu, strategi yang paling tepat untuk di gunakan dalam penelitian adalah strategi campuran. Strategi ini di terapkan mengingat peneltian ini berhubungan dengan dua data yang berbeda, yang berbentuk angka, sesuai dengan rumusan masalah 1 dan 2 dan yang berbentuk kata-kata, sesuai dengan rumusan masalah yang ketiga. Ini mengkombinasikan antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif di satu atau banyak fase penelitian. Tes Pemahaman Membaca dan Penemuan Strategi untuk Pembelajaran bahasa di gunakan untuk mengumpulkan semua data. Peneliti juga melaksanakan interview untuk mengetahui alas an dari siswa dalam menggunakan berbagai strategi membaca. Terdapat 37 peserta dari jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas negeri Surabaya. Berdasarkan pada nilai tes Pemahaman Membaca mereka, hasilnya menunjukkan bahwa ada 3 level yang berbeda dari pembaca: Bagus, Sedang, and Lemah.

Sementara itu, kebanyakan dari mereka menggunakan strategi metacognitive untuk memahami teks. Mereka menggunakan itu karena dengan merencanakan dan memfokuskan pembelajaran itu bisa memfasilitasi mereka untuk memahami teks dengan mudah. Bagaimanapun juga, terdapat beberapa siswa yang menggunkan lebih dari satu strategi membaca dalam waktu yang bersamaan. Mereka mengatakan bahwa dengan menggunkan strategi cognitive dan compensation, mereka dapat memahami apa yang mereka baca di waktu singkat tanpa harus membaca keseluruhan teks dan melihat arti kata sulit di dalam kamus. Sementara itu, di dalam kesadaran dalam menggunakan strategi membaca, pembaca yang bagus lebih mampu mengatur pemahaman mereka daripada pembaca ynag lemah dan mereka yang bagus dapat menggunkan strategi lebih fleksibel. Mereka menggunakan konteks dengan effisien dan mampu untuk menggabungkan informasi ke dalam pengetahuan mereka yang utama yang telah ada sebelumnya, sebaik dalam mengetahui ketidakpastian t eks dan menggunakan strategi untuk membuat ketidakpastian itu menjadi dapat di mengerti.

 

Kata kunci: Strategi membaca, Siswa Angkatan Tahun Pertama

Abstract

 

Reading is one of the most important skills for ESL/EFL learners to master. However, freshmen of English Department face many challenges in the classroom. It is a fact that most first-year students lack academic reading skills, especially because University-level reading greatly differs from High School reading. Thus, most of them employ the same strategy that they use in senior high school to read academic text. As a result, they get difficulties to comprehend the text they read.

The purpose of this study were to find out the freshmen ability in comprehending text, to investigate the most frequent reading strategies used by them and to find out their reasons in using those strategy. Therefore, the most appropriate research method to be employed was mixed method research. Mixed method research was employed since the research deals with two different types of data; they were in the form of numbers, related to the first and second research question, and words, related to the third research question. It was combined qualitative and quantitative approaches in a single or multiphase study. The Reading Comprehension test and the Strategy Inventory for Language Learning (SILL) were used to collect the data. The researcher also conducted an interview in order to know freshmen reasons in using reading strategies. The participants were 37 freshmen students of English Education program at the State University of Surabaya. Based on the reading comprehension test scores, the results showed that there were 3 different levels of readers: good, average and poor readers. Meanwhile, most freshmen readers in English education program at the State University of Surabaya used metacognitive as their strategy in comprehending the text. They used it because by planning and centering their learning it facilitates them to understand the text easily. However, there were some freshmen using more than one reading strategy to comprehend reading text; cognitive strategy and compensation strategy at the same time. They said that by using cognitive and compensation strategies, they can understand more about what they read in limited time without reading the whole passages and checking the meaning in dictionary. While in terms of their awareness on the use of reading strategies, good readers are more able to monitor their comprehension than poor readers and they use those strategies more flexibly. They use context more efficiently and are able to relate new information to prior information already stated, as well as to notice inconsistencies in the text and employ strategies to make these inconsistencies understandable.

 

Key words: Reading Strategies, Freshmen 


 


Published
2015-08-27
How to Cite
FADILAH SHOLAWATI, N. (2015). THE READING STRATEGIES USED BY FRESHMEN AT THE STATE UNIVERSITY OF SURABAYA IN COMPREHENDING TEXT. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/13181
Abstract Views: 38
PDF Downloads: 34