Improving Speaking Skill of Tourism Vocational High School Students Through Project Based Learning

  • RUTH OLIVIA ANGELINA PAKPAHAN

Abstract

AbstrakPeneliti melakukan penelitian eksperimental kuasi yang melibatkan 64 siswa SMK Usaha Perjalanan Wisata (UPW). Ada 32 siswa untuk setiap kelompok eksperimen dan kontrol. Pembelajaran berbasis proyek diimplementasikan untuk pengajaran bahasa Inggris dalam kelompok eksperimen, sedangkan kelompok kontrol diajarkan menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah pre-test dan post-test dan proyek adalah video monolog. Skor rata-rata kelompok eksperimen dalam pre-test adalah 66.7188 (SD = 8.19219) dan kelompok kontrol adalah 67.1875 (SD = 9.15260). Nilai Sig.(2-tailed) untuk pre-test adalah 0,830 yang berarti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test kemampuan berbicara kedua kelompok. Dalam post-test, skor rata-rata dari kelompok eksperimen adalah 75.7813 (SD = 9.84635) dan kelompok kontrol adalah 67.6563 (SD = 11.70776) yang menunjukkan bahwa kelompok eksperimen mendapat skor lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Nilai Sig.(2-tailed) untuk post-test 0,004 menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berbicara siswa yang signifikan dari kedua post-test kedua kelompok.Skor rata-rata dari kelompok eksperimen dalam pre-test adalah 66.7188 (SD = 8.19219) sementara dalam post-test adalah 75.7813 (SD = 9.84635) dan Sig. (2-tailed) dari kedua test adalah .000. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa wisata.Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Jurusan Usaha Perjalanan Wisata, Pembelajaran Berbasis Proyek, Teks Naratif AbstractA quasi experimental research was conducted in this research involving 64 tourism students. There were 32 students for each experimental and control groups. Project based learning was implemented for English teaching in experimental group, while the control group was taught using conventional method. The research instrument of this study was speaking pre-test and post-test and the project was monologue video.The mean score of experimental group in pre-test was 66.7188 (SD = 8.19219) and the control group was 67.1875 (SD = 9.15260). The Sig. (2-tailed) value of pre-test was 0.830 meaning that there is no significant difference between students’ speaking skill in both groups. In post-test, the mean score of experimental group was 75.7813 (SD = 9.84635) and control group was 67.6563 (SD = 11.70776) showing that experimental group scored higher than the control group. The Sig. (2-tailed) value is .004 showing that there is a significant difference of both groups’ post-test. The mean score of experimental group in pre-test was 66.7188 (SD = 8.19219) while in post-test was 75.7813 (SD = 9.84635) and the Sig. (2-tailed) value was .000. In conclusion, implementing project based learning to teach speaking is effective to improve tourism students’ speaking proficiency.Keywords: Speaking Skill, Tourism Department, Project Based Learning, Narrative Text
Published
2018-07-27
How to Cite
OLIVIA ANGELINA PAKPAHAN, R. (2018). Improving Speaking Skill of Tourism Vocational High School Students Through Project Based Learning. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/24822
Section
Articles
Abstract Views: 101
PDF Downloads: 578