English Supplementary Materials Oriented to Higher Order Thinking for Senior High School

  • QORIN RAHMANIYAH

Abstract

AbstrakBerdasarkan kurikulum 2013, keterampilan berfikir tingkat tinggi adalah salah satu poin penting yang perlu dimasukkan dalam proses pembelajaran serta dalam rencana pengajaran dan materi. Materi bahasa Inggris yang ada untuk kelas sepuluh sekolah menengah mengandung sedikit rendah dari keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk merancang materi yang tepat untuk sekolah menengah atas yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian dan studi dengan 72 siswa kelas sepuluh SMA di Surabaya dan dua guru bahasa Inggris sebagai sumber informasi tambahan dan resensi sebagai peserta. Data diperoleh melalui analisis buku teks, kuesioner, dan wawancara untuk mendapatkan analisis kebutuhan. Selain itu, rubrik evaluasi materi digunakan untuk mendapatkan skor akhir dari reviewer terhadap materi yang dikembangkan. Hasil evaluasi dari guru menunjukkan bahwa materi yang dikembangkan dapat dikategorikan sangat bagus. Para guru memberikan respon positif dan setuju terhadap pengembangan materi tambahan untuk sekolah menengah atas yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Di masa depan, peneliti berharap bahwa materi tambahan dapat diimplementasikan di kelas bahasa Inggris di sekolah menengah atas dan dikembangkan dengan fokus yang berbeda.Kata Kunci: Materi Tambahan Bahasa Inggris, Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi
AbstractBased on the 2013 curriculum, high order thinking is one of the important points that need to be included in the learning process as well as in the teaching plan and material. The existing English materials for tenth grade of senior high school contain lower more than higher order thinking skill. This study aims to design the appropriate materials for senior high school oriented to higher order thinking skill. This study was a research and design study with 72 tenth graders of a senior high school in Surabaya and two of the English teachers as the source of supplementary information and reviewer as the participants. The data were gained through textbook analysis, questionnaire, and interview to get the need analysis. Besides, the materials evaluation rubric used to get the final score from the reviewers towards the developed materials. The result from teachers’ evaluation showed that the developed materials were categorized as very good. The teachers responded positively and agreed towards the development of the supplementary materials for senior high school orienting to higher order thinking skill. In the future, the researcher hopes that the supplementary materials can be implemented in English class in senior high school and developed with different focus. Keywords: English Supplementary Materials, Higher Order Thinking Skill
Published
2018-07-30
How to Cite
RAHMANIYAH, Q. (2018). English Supplementary Materials Oriented to Higher Order Thinking for Senior High School. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/24939
Section
Articles
Abstract Views: 50
PDF Downloads: 28