The Implementation of Gallery Walk Technique in Teaching Speaking of Recount Text to Tenth Grader Students

  • DELA APRODITHA RIMADENA

Abstract

Abstrak Pada era ini, siswa diwajibkan untuk bisa berbicara bahasa Inggris. Ketika siswa memiliki kesulitan untuk berbicara bahasa Inggris, mereka akan kehilangan peluang mereka di dunia kompetisi. Jadi, guru harus membuat kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan. Bagaimanapun juga, tanpa menerapkan teknik yang unik, siswa akan gampang merasa bosan. Sangatlah penting bagi guru untuk memilih teknik yang tepat. Salah satu teknik terbaru adalah gallery walk. Teknik ini jarang diterapkan oleh guru di Indonesia karena jarang terkespos. Sebenarnya, gallery walk memiliki banyak manfaat, maka dari itu, peneliti memilih teknik ini untuk diterapkan pada pembelajaran berbicara teks bersejarah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik gallery walk pada pembelajaran berbicara teks bersejarah dan respon siswa terhadap pengaplikasian teknik tersebut. Peneliti, menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian. Untuk tujuan tersebut, kelas berisi 36 siswa berpartisipasi dalam penerapan teknik gallery walk. Guru dan siswa melakukan pembelajaran seperti biasa, yang membuat berbeda adalah teknik yang digunakan. Kuesioner juga diberikan setelah penerapan teknik gallery walk telah selesai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gallery walk telah berjalan sesuai dengan teknik yang dianjurkan oleh Bowman (2005). Guru dapat mengatur siswa dengan baik, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan seperti yang diharapkan. Siswa dapat menyampaikan hasil kerja mereka di depan kelas tanpa merasa malu. Hasil dari kuesioner juga menunjukkan jika siswa menjadi lebih termotivasi dan lebih berani untuk berbicara di depan teman-teman mereka. Sebab, teknik ini mengijinkan mereka untuk berdiskusi dengan anggota kelompok sebelum menyajikan hasil kerja terakhir mereka. Kesimpulannya, penerapan teknik gallery walk telah berjalan sesuai dengan langkah-langkah yang telah diusulkan oleh ahli. Teknik ini menambah motivasi siswa dan rasa percaya diri mereka. Itu dapat dilihat dari presentasi dan juga hasil dari diskusi yang telah mereka lakukan. Bagaimanapun juga, guru harus selalu memberi komentar atau ulasan kepada siswa setelah mereka selesai melakukan presentasi. Jadi, siswa akan tau kesalahan apa yang telah dibuat. Guru juga harus bisa mengatur waktu dengan hati-hati untuk menghindari ketidakefektifan dalam proses pembelajaran.Kata kunci: teknik gallery walk, teks bersejarah, mengajar berbicara
AbstractIn this era, students are required to be able to speak English. When students have difficulty to speak English, they will lose their chances in the world competition. Thus, the teacher should make the teaching learning process becomes fun. However, without implementing a unique learning, the students will get bored easily. It is important for the teacher to choose the right technique. One of the newest techniques is gallery walk. This technique is rarely used by the teacher in Indonesia because it is rarely exposed. Actually, gallery walk has many benefits, thus, the researcher chose this technique to be applied in a spoken of recount text learning. This study was conducted to describe the implementation of gallery walk technique in teaching speaking of recount text and the students’ responses toward the implementation of the technique. The researcher used basic qualitative as a research design. To this aim, a class consisted of 36 students participated in the implementation of the technique. The teacher and the students did the learning process as usual, what made it different was the technique. The questionnaire was also given after the implementation of gallery walk technique. The result showed that the implementations of gallery walk went in line with the technique proposed by Bowman (2005). The teacher could manage the students well, thus the learning process could run as it is expected. Students could present their work in front of the class without feeling shy. The result of the questionnaire also showed that the students became more motivated and braver to speak in front of their friends. Since, the technique allowed them to discuss with the member of the group before presenting the final result. In conclusion, the implementation of gallery walk technique worked in line with the stages that already proposed by the expert. Also, the technique increased students’ motivation and their confident. It can be seen from their presentation and also from the result of their discussion. However, the teacher should always give comments or feedback to the students after they presented the work. Thus, the students will know what mistakes they have made. The teacher also has to be able to manage the time carefully to avoid the ineffectiveness in the learning process.Keywords: gallery walk technique, recount text, teaching speaking
Published
2018-09-15
How to Cite
APRODITHA RIMADENA, D. (2018). The Implementation of Gallery Walk Technique in Teaching Speaking of Recount Text to Tenth Grader Students. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/25519
Section
Articles
Abstract Views: 76
PDF Downloads: 26