Self-Assessment in English Writing Classroom

  • NANIN VERINA WIDYA PUTRI

Abstract

Abstrak Penilaian diri adalah sebuah kemampuan untuk mengumpulkan informasi tentang perkembangan belajar individu. Semakin sering siswa melakukan penilaian diri terhadap perkembangan belajarnya, maka siswa akan semakin mengetahui perkembangan belajarnya untuk meningkatkan perkembangan belajarnya. Akan tetapi, di Indonesia, guru cenderung fokus ke hasil akhir siswa daripada kemajuan belajar siswa dalam belajar. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana guru mengaplikasikan penilaian diri siswa dalam belajar menulis Bahasa Inggris di sekolah menengah atas dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penilaian diri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data penelitian di kumpulkan dengan menggunakan checklis observasi dan wawancara. Lalu, penelitian ini di laksanakan di sekolah menegah atas di Bojonegoro, salah satu sekolah menengah atas di Indonesia. Untuk observasi, peserta di tunjuk oleh guru Bahasa Inggris di sekolah tersebut, yang mana melibatkan satu kelas, terdiri dari 26 siswa. Untuk wawancara, 12 dari 26 siswa dipilih guru Bahasa Inggris untuk mewakili diwawancara. Data penelitian di analisis dengan langkah-langkah cara; mengorganisasikan dan mempersiapkan data, mengkoding dan mengurangi data, menerjemahkan dan memaparkan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru mengaplikasikan penilaian diri siswa dalam tiga langkah, menulis garis besar tulisan yang akan ditulis, melakukan penilaian diri, merevisi hasil tulisan. Selain itu, setelah melakukan penilian diri, siswa mempunyai respon positif terhadap penilain diri. Oleh karena itu, penemuan kedua menidentifikasikan bahwa siswa dibantu untuk meningkatkan efikasi (Kepercayaan diri untuk menulis) dan regulasi diri (kesadaran, mengatur waktu belajar), dan keikutsertaaan, dengan melakukan penilaian diri. Kata kunci : Penilaian diri, menulis Bahasa Inggris, Pembelajar Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing, efikasi diri, regulasi siswa.AbstractSelf-assessment is an ability to collect information about individuals progress of learning. The more frequently students doing self-assessment toward their learning, the more they knowing their progress in order to promote their learning and make improvement. However, In Indonesia, teachers tend focus on students’ final results than students progress of learning. Therefore, the aims of this study are to describe how the teacher applies students self-assessment in English writing classroom in senior high school and what students responses on self-assessment. This present study was qualitative research. The data were collected through observation and interview. It was conducted in a senior high school in Bojonegoro, Indonesia. For the observation, the participants were chosen by an English teacher’s recommendation in that school, which involved one classroom, consisting of 26 students. For the interview, 12 students were chosen based on the English teacher’s recommendation. The data were analyzed through these steps; organizing and preparing, coding and reducing, interpreting and representing. The results of this study showed that the teacher applied students self-assessment in three steps; outlining, doing self-assessment, and revising. Moreover, after doing self-assessment, students responses were positive toward self-assessment. Therefore, the second finding showed that students were helped to increase their writing self-efficacy (students’ confidence and belief of their ability) self-regulation (awareness of study, management time, autonomous) and engagement by doing self-assessment. Keywords: Self-assessment in English writing skill, EFL learners, students’ responses, self-efficacy, self-regulation.
Published
2018-09-27
How to Cite
VERINA WIDYA PUTRI, N. (2018). Self-Assessment in English Writing Classroom. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/25661
Section
Articles
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 88