The Effect of Reading Habit on Students’ Writing Performance

  • DEWI AYU SEKAR ARUM

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kualitas kebiasaan membaca dari siswa kelas sepuluh dari salah satu Sekolah Menengah Atas di Gresik dan untuk mengetahui apakah kebiasaan membaca mempengaruhi kinerja menulis mereka atau tidak. Penelitian ini menggunakan kuantitatif ex post-facto sebagai metodologi penelitian dikarenakan variabel independen yang sudah terjadi hingga sekarang dan hasilnya akan diwujudkan dalam bentuk angka. Subjek dari penelitian ini adalah 57 siswa dari salah satu Sekolah Menengah Atas di Gresik yang akan dikategorikan menjadi tiga grup berdasarkan tingkat kebiasaan membaca mereka; siswa dengan tingkat membaca yang baik, sedang, dan buruk. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan tes menulis. Kuesioner diberikan untuk mengukur kualitas kebiasaan membaca mereka dan tes menulis diberikan untuk menemukan efek kebiasaan membaca terhadap kinerja menulis. Berdasarkan hasil data yang didapat, kualitas kebiasaan membaca dari siswa adalah sedang. Sementara itu, Analisis Varians digunakan dalam menganalisis tes dan hasilnya mengindikasikan adanya perbedaan diantara semua grup. Uji Beda Nyata Terkecil (BNT) juga dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui grup mana yang mempunyai perbedaan yang signifikan dan hasilnya menunjukkan bahwa grup dengan tingkat membaca buruk mempunyai hasil yang sangat berbeda diantara semua grup. Selain itu, komponen menulis yang sebagian besar terpengaruhi oleh membaca terhadap kinerja menulis adalah konten.Kata kunci: Membaca, Kebiasaan Membaca, dan Menulis.

AbstractThe aim of this study is to describe the reading habit quality of tenth grade students of a Senior High School in Gresik and to find out whether or not there is a significant difference among students who have different reading habit. This research used a quantitative ex-post facto as the research methodology since the independent variable has happened and the result would be in the form of number. The subjects of this research were 57 students of a Senior High School in Gresik which were categorized into three groups based on their reading habit; students with good, moderate, and poor reading level group. The instruments used in this research were questionnaire and writing test. The questionnaire was administered to measure the quality of their reading level and the writing test was used to find out the effect of reading habit on writing performance. Based on the result, the quality of students’ reading habit was moderate. Meanwhile, the Analysis of Variance (Anova) test were administered on analysing the writing test and the result indicated a difference among groups. The Least Significant Difference (LSD) test was also administered in order to know which group was significanlty different and the result showed that the poor reading level was highly different among groups. Moreover, the writing components that was mostly influenced by reading to writing performance was the content.Keywords: Reading, Reading Habit, and Writing.
Published
2018-10-13
How to Cite
AYU SEKAR ARUM, D. (2018). The Effect of Reading Habit on Students’ Writing Performance. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/25774
Section
Articles
Abstract Views: 132
PDF Downloads: 96