14020084081

  • RIDWAN NAFIULFAQIH

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi metakognitif dalam hal pembelajaranketerpusatan digunakan oleh siswa sekolah menengah kejuruan selama proses pembelajaran dan kinerjaberbicara mereka. Dalam hal ini strategi metakognitif didasarkan pada teori Oxford (1990) yang telahdisebutkan. Selain itu, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan rubrik penilaian. Penelitianini dilakukan secara kualitatif yang digambarkan dalam bentuk kata. Peneliti melibatkan sepuluh siswajurusan perhotelan sebagai subjek penelitian sejak penelitian kualitatif deskriptif dan penggunaan strategiini harus dianalisis secara pribadi atau analisis mendalam. Sebagai kesimpulan, hasil pertamamenunjukkan bahwa siswa sebagian besar menggunakan strategi pembelajaran keterpusatan dalamstrategi metakognitif dalam berbagai cara untuk mengatasi kesulitan mereka selama belajar danmenyampaikan proses presentasi di kelas dan untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Parasiswa juga menggunakan strategi dengan sengaja dan tidak sengaja dengan berbagai cara yangkemungkinan hampir sama. Para siswa menerapkan tiga poin utama dalam memusatkan pembelajaranuntuk mengatasi kesulitan mereka dalam memahami materi dan menyampaikan presentasi agar lebihterorganisir, memahami, dan meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam berbicara bahasa Inggris. Halini menunjukkan bahwa pembelajaran keterpusatan sedang diperlukan dan telah diterapkan oleh siswaselama proses belajar mengajar dan menyampaikan presentasi. Di sisi lain, ada dua siswa yang tidakmenggunakan strategi juga dan mereka mendapat hasil yang kurang dari kinerja mereka. Oleh karena itu,strategi metakognitif dalam hal pembelajaran yang berpusat membantu siswa untuk meningkatkankepercayaan diri dan pengetahuan mereka. Sedangkan hasil kedua menunjukkan bahwa sebagian besarpenampilan berbicara siswa baik selama belajar dan menyampaikan presentasi karena menerapkanstrategi pembelajaran yang berpusat. Sebagian besar dari mereka telah memenuhi kriteria penilaianberbicara yang baik. Singkatnya, strategi pemusatan pembelajaran dalam strategi metakognitif dapatmembantu mereka meningkatkan kemampuan berbicara mereka dalam menyampaikan presentasi.Kata kunci: Metakognitif, pengetahuan sebelumnya, menunda berbicara untuk mendengarkan,penampilan berbicara.AbstractThis study conducted to know how metacognitive strategies in terms of centering learning were used bythe students of vocational high school during learning process and their speaking performance. The datawere collected through observation, interview and speaking rubric. This study was conductedqualitatively which is described in the form of word. The researcher involved ten students of hospitalitymayor as the subject of the study since descriptive qualitative research and the use of this strategy shouldbe analyzed personally or in-depth analysis. In conclusion, the first result showed that the students mostlyused the strategy of centering learning in metacognitive strategies in various ways to overcome theirdifficulties during learning and delivering the presentation processes in the classroom and to accomplishthe task given by the teacher. The students applied three main points in centering learning to overcometheir difficulties in understanding the materials and delivering the presentation to be more organized, tocomprehend, and to enhance their confidence in speaking English. It showed that centering learning arebeing necessary and had been applied by the students during teaching learning process and delivering thepresentation. In other side, there are two students which were not used the strategies as well and they gotless result of their performance. Therefore, metacognitive strategies in terms of centering learning helpthe students to enhance their self-confidence and knowledge. While the second result showed that most ofstudents’ speaking performance were good during learning and delivering the presentation since applyingcentering learning strategies. Most of them had fulfilled the criteria of good speaking performance.Keywords: Metacognitive strategies, prior knowledge, delaying speech production to listen, speakingperformance.
Published
2018-10-13
How to Cite
NAFIULFAQIH, R. (2018). 14020084081. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/25775
Section
Articles
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 772