The Implementation of Grammar Chant as A Part of Teaching Speaking to Fifth Grader in Banyuwangi

  • DIAN PERMATASARI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti penerapan grammar chant yang dilakukan pada siswa kelas 5 di salah satu sekolah dasar di Banyuwangi. Penelitian ini akan mengamati bagaimana guru melatih penekanan dan irama, bagaimana guru mereview kosakata, dan bagaimana guru mereview tata bahasa. Dalam hal ini, observasi digunakan untuk mendapatkan data. Dimana sumber data adalah kegiatan verbal dan non-verbal dari guru dan murid. Kemudian, data di analisis menggunakan metode deskriptif kualiatif. Hal ini untuk menangkap semua fenomena yang terjadi ketika observasi dilaksanakan terkait dengan penerapan grammar chant. Semua pertanyaan dianalisis dengan tahapan dari Ary et al (2010). Lebih lanjut, wawancara juga digunakan untuk menjawab fenomena yang terjadi selama observasi sehingga tidak hanya pertanyaan penelitiannya saja tetapi juga fenomena-fenomena lain bisa dianalisa dan dijawab pada penelitian ini. Hasil menunjukkan bahwa penerapan grammar chant telah di terapkan dengan sesuai berdasarkan teori yang ada meskipun ada fenomena dimana tahapan-tahapan diselesaikan tidak berurutan dan menggunakan materi yang sama selama tiga pertemuan. Menurut teori, tahapan kedua adalah mereview kosakata dan tahapan ketiga adalah mereview tata bahasa, tetapi ketika observasi tahapan kedua justru mereview tata bahasa dan dan tahapan ketiga mereview kosakata yang berarti bahwa ada perubahan antara tahapan kedua dengan ketiga. Ini tidak masalah, karena fenomena itu tidak mempengaruhi murid atau guru selama penerapan grammar chant dan juga menggunakan materi yang sama selama tiga pertemuan lebih efektif untuk siswa, karena ini akan teringat pada pikiran mereka dalam jangka waktu yang lama dan tidak ada efek buruk karena hal itu.

Kata Kunci: grammar chant, kemampuan berbicara, siswa usia dini

Abstract

This research aims to explore the implementation of grammar chant conducted to the fifth grade students at one of elementary school in Banyuwangi. This research observed how the teacher taught stress and rhythm, how the teacher taught vocabulary, and how the teacher taught grammar focus. In this case, the field observation was implemented to get the data. The source of data was verbal and non-verbal activities from the teacher and students. Then, the data was analyzed by using descriptive qualtitative method. It was to catch all phenomena happened when the observation was done related to the grammar chant implementation. All of the questions were analyzed by using steps of Ary et al (2010). Furthermore, interview also used to answer the phenomena happened during the observation so that not only the questions, but also other phenomena can be analyzed and answered in this research. The result showed that grammar chant implementation has been implemented properly based on the theory of Graham (1978) even though some steps are not finished in order and the teacher used same material for three meetings. According to the theory of Graham (1978), the second step is to review vocabulary and the third step is to review grammar focus, but during observation the second step is to review grammar focus and the third step is to review vocabulary which means that there is an alteration between the second and the third step. It does not matter, because it does not influence the students or teacher during grammar chant implementation and also using the same material for three meetings is more effective for the students, because it can memorize in their mind for long time and there is no negative effect multiple times of it.

Keywords: Grammar chant, Speaking skill, Young learners.

Published
2018-12-31
How to Cite
PERMATASARI, D. (2018). The Implementation of Grammar Chant as A Part of Teaching Speaking to Fifth Grader in Banyuwangi. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 6(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/26426
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 122