Speaking Difficulties Experienced by Freshmen Students in University and Their Strategies to Overcome The Difficulties

  • IGGE DEMA BERDA MUHARRIANTAN

Abstract

Abstrak

Kemampuan berbicara adalah salah satu aspek penting dalam belajar bahasa Inggris. Berbicara adalah kegiatan umum tetapi juga merupakan kegiatan yang sangat kompleks untuk dipertimbangkan dalam mengajar EFL. Namun masih ada beberapa kesulitan yang terjadi selama pengajaran dan pembelajaran berbicara bahasa Inggris. Beberapa peneliti telah melakukan penelitian yang berhubungan dengan kesulitan berbicara siswa di berbagai tingkat pendidikan, tetapi hanya ada beberapa yang melakukan penelitian yang berhubungan dengan kesulitan berbicara siswa di tingkat perguruan tinggi, terutama untuk mahasiswa baru. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan berbicara yang dialami oleh mahasiswa baru di universitas, kondisi ketika kesulitan terjadi dan strategi yang digunakan oleh mahasiswa baru untuk mengatasi kesulitan mereka. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain kualitatif sebagai desain penelitian utama dan menggunakan pendekatan Studi Interpretatif Dasar. Subjek penelitian adalah siswa di kelas Speaking for Daily Context di Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Field Notes, Interview, dan Audio Recorder. Peneliti menggunakan prosedur analisis data yaitu Familiarizing dan Organizing, Coding dan Reducing, Interpreting dan Representing. Ini menunjukkan bahwa siswa, mahasiswa baru, pengalaman berbicara seperti gangguan tata bahasa, gangguan leksikal, gangguan fonologis, gugup, dan partisipasi yang rendah atau tidak merata. Selanjutnya kesulitan sering terjadi selama kegiatan presentasi dan percakapan spontan. Dengan demikian strategi yang digunakan oleh siswa untuk mengatasi kesulitan berbicara mereka adalah latihan tata bahasa, banyak mendengarkan, memahami isi, membaca keras-keras, dan kelompok yang berbahasa Inggris. Kesimpulannya ada beberapa kesulitan berbicara yang masih dialami oleh fershmen di universitas.

Kata Kunci: Kesulitan Berbicara

Abstract

Speaking is one of the important aspects of learning English. Speaking is common activities but is also a highly complex activity to be considered in teaching EFL. However, there are still some difficulties happen during the teaching and learning English speaking. Some researcher has conducted research dealing with the students speaking difficulties in various level of education, but there are still a few who do research dealing with students speaking difficulties in college level, especially for freshmen. Thus this study aimed to find out the kind of speaking difficulties experienced by freshmen in university, the condition when the difficulties happen and the strategy used by the freshmen to overcome their speaking difficulties. In this study, the researcher uses qualitative design as the main research design and using Basic Interpretative Study approach. The subject of the study is the students of speaking for daily context class in the English Department in State Univesity of Surabaya. The instrument used in this study are field notes, interviews, and audio-recording. The researcher uses a procedure of data analysis are familiarizing and organizing, coding and reducing, interpreting and representing. It shows that the students, the freshmen, experience speaking such as grammatical interference, lexical interference, phonological interference, nervous, and low or uneven participation. Furthermore, difficulties often happen during presentation activities and spontaneous conversation. Thus the strategy used by the students in order to overcome their speaking difficulties are grammar exercising, listen a lot, contents understanding, read aloud, and English-speaking group. In conclusions, there are some speaking difficulties that still experienced by the freshmen in university.

Keywords: speaking difficulties.

Published
2019-07-25
How to Cite
DEMA BERDA MUHARRIANTAN, I. (2019). Speaking Difficulties Experienced by Freshmen Students in University and Their Strategies to Overcome The Difficulties. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/29640
Section
Articles
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 33