Content Analysis of English Department Students’ Paragraph Writing

  • EMBUN SAMTESA

Abstract

Abstrak

Untuk membuat essai, mahasiswa harus menguasai cara untuk mengembangkan sebuah paragraf. Tetapi, beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan hasil bahwa tidak semua mahasiswa sadar terhadap aturan-aturan kepenulisan paragraf yang harus di ikuti. Berkaitan dengan masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana mahasiswa membuat susunan kalimat serta melihat keterkaitan topik yang di bahas dengan cara menganalisis kalimat per kalimat melalui penyusunan topik, kalimat pendukung, dan kalimat penutup di paragraf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan desain content analysis. Instrumen pertama yang di gunakan yaitu peneliti dimana pada penelitian kualitatif peneliti bertindak sebagai instrumen utama (Ary et al, 2010). Instrumen yang kedua yaitu menggunakan semi-structured interview untuk membuat data menjadi lebih valid. Data diperoleh dari tulisan mahasiswa di kelas paragraph writing. Penemuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa masih mempunyai masalah yang serius saat menulis paragraf. Mereka membuat anak kalimat yang berdiri sendiri yang sejatinya anak kalimat selalu membutuhkan induk kalimat. Beberapa masalah juga ditemukan pada ketidaksadaran mahasiswa tentang aturan-aturan dalam membuat kalimat. Ide kalimat, kalimat pendukung, dan kalimat penutup tidak saling terkait satu sama lain sehingga membuat paragraf tidak menjadi satu kesatuan yang utuh.

Kata Kunci : Paragraph Writing, Sentence Structure, Unity, Content Analysis.

Abstract

To make a good essay writing, the students should master in developing a good paragraph. However, several studies show that many L1 students do not aware of the rules of paragraph writing. Dealing with this problem, this study aims to describe the students’ construction of the sentence structure, topic, supporting, and concluding sentence to know the unity of the paragraph writing. This study is qualitative research with content analysis design. The first research instrument is the researcher because in qualitative research, the researcher acts as the main instrument (Ary et al. 2010). The second instrument is a semi-structured interview to make valid data. The data is taken from students’ paragraph writing. The findings of the study show that the students still faced a serious problem in paragraph writing. They failed in making a dependent clause which stands on its own. Some problems are also found that the students do not aware of the rules of paragraph writing. How to make a topic sentence, supporting sentence, and concluding sentence is irrelevant one another which makes the paragraph leads not to unity.

Keywords: Paragraph Writing, Sentence Structure, Unity, Content Analysis.
Published
2019-07-25
How to Cite
SAMTESA, E. (2019). Content Analysis of English Department Students’ Paragraph Writing. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/29643
Section
Articles
Abstract Views: 89
PDF Downloads: 62