Slips of the Ear Experienced by the English Department Students

  • VELVIN YUSTA RISVIA

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui kesalahan dengar atau persepsi mahasiswa jurusan bahasa inggris di Surabaya. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui fenomena salah dengar atau persepsi mahasiswa terhadap monolog yang berisi narasi dari penutur asli bahasa Inggris. Dalam pelaksanaan penelitian ini diggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan 23 mahasiswa jurusan bahasa Inggris dari kelas dan tingkatan yang sama sebagai peserta penelitian dan yang telah diinstruksikan untuk menuliskan apa yang mereka dengar dari sebuah rekaman monolog. Dari penilitian yang telah dilakukan, ditemukan beberapa kesalahan dengar yang dituliskan oleh mahasiswa jurusan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Surabaya. Kesalahan dengar tersebut digolongkan dalam beberapa kategori yang berdasarkan teori dari Bond (2005). Bond mengklasifikasikan 15 kesalahan dengar yang di dikelompokkan dalam 5 tingkatan pengetahuan yang berbeda: tingkatan pengetahuan fonetik; pengetahuan fonologis; pengetahuan penetahuan leksikal; pengetahuan sintaktis; pragmatik dan semantik. Dari hasil penelitian, ditemukan berbagai kesalahan yang berada di tiga tingkatan pengetahan yaitu, pengetahuan fonetik, fonologis, dan leksikal. Dan hanya ditemukan tujuh dari 15 macam kesalahan dengar yang dikemukakan oleh Bond (2005).

Kata Kunci: Salah dengar, pengetahuan fonetik, pengetahuan fonologis, pengetahuan leksikal.

Abstract

The aim of this study was to find out the phenomenon of slips of the ear or student misperception of a monologue narrated by a native English speaker. In conducting this research, a qualitative descriptive method was used with twenty-three students majoring in English Education State University of Surabaya from the same class and level as research participants. They were instructed to write down what they have heard from the monologue recording. After the research was completed, several slips of the ear have been found which produced and written by the participants. These data are classified into several categories based on Bond’s theory of slips of the ear (2005). He classifies fifteen errors which are grouped into five different levels of knowledge, those are phonetic knowledge; phonological knowledge; lexical knowledge; syntactic knowledge; pragmatics and semantics. The result of the study indicates that various errors were found in three different levels of knowledge: phonetic, phonological, and lexical knowledge. In addition, only seven out of the 15 kinds of error by Bond were found.

Keywords: Slips of the ear, phonetic knowledge, phonological knowledge, lexical knowledge

Published
2019-07-26
How to Cite
YUSTA RISVIA, V. (2019). Slips of the Ear Experienced by the English Department Students. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/29701
Section
Articles
Abstract Views: 44
PDF Downloads: 505