Listening Comprehension Strategies Used by EFL Students in State University of Surabaya

  • MEISYA IVONE FIRDAUS

Abstract

Abstrak

Pemahaman mendengarkan adalah keahlihan reseptif yang menuntut siswa untuk mengerti dan memahami bahasa yang diucapkan dengan mendengarkannya. Beberapa murid yang mempelajari Bahasa Inggris sebagai bahasa asing masih mempunyai kesulitan dalam memahami tekanan, intonasi, tata bahasa, kecepatan berbicara, dll. Dengan adanya kesulitan tersebut, siswa harus menemukan strategi mendengarkan yang sesuai agar lebih efektif dalam mendengarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa sering strategi mendengarkan metakognitif digunakan oeh mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya, seberapa strategi mendengarkan kognitif digunakan oleh mahasiswa di Universitas Negeri Surabaya dan seberapa sering strategi mendengarkan sosial dan afektif digunakan oleh mahasiswa Univeristas Negeri Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif dan penelitian survei untuk menemukan hasilnya. Subyek penelitian ini adalah 46 mahasiswa dari kelas mendengrkan akademik A dan B. Instrumen yang digunakan adalah kuisioner strategi mendengarkan yaitu metakognitif, kognitif dan sosial afektif. Dari hasil penelitian, strategi mendengarkan metakognitif sangat sering digunakan oleh mahasiwa Universitas Negeri Surabaya dengan nilai rata-rata yaitu 3,73. Strategi mendegarkan metakognitif yang sering digunakan adalah mengarahkan perhatian (rata-rata= 4.60), perhatian selektif (rata-rata= 4.34) dan bersantai (rata-rata= 4.08). strategi mendengarkan kedua yang sering digunakan oleh mahasiswa Univesitas Negeri Surabaya adalah strategi menengarkan kognitif dengan nilai rata-rata= 3.66. Strategi kognitif yang sering digunakan adalah pengalaman diri sendiri (nilai rata-rata= 4.21), mendengarkan kata kunci(nilai rata-rata= 4.10) dan mencatat (nilai rata-rata= 4.08). Yang terakhir, strategi mendengarkan sosial afektif sering digunakan oleh mahasiswa Universitas Negeri Surabaya dengan nilai rata-rata= 3.55. Ada mendengarkan orang lain dengan nilai rata-rata= 4.10 dan menyemangati diri sendiri dengan nilai rata-rata= 3.78.

Kata Kunci: Pemahaman Mendengarkan, Strategi Mendengarkan, Strategi Mendengarkan Metakognitif, Strategi Mendengarkan Kognitif dan Strategi Mendengarkan Sosial Afektif.

Abstract

Listening comprehension is receptive skills which require students to understand and make sense of spoken language by hearing it. Some EFL students still have difficulties in dealing with stress, intonation, grammar, speed of sound, etc. By looking at the problems, EFL students have to find out listening strategies that appropriate to make listening effectively. The aims of this study are to know how much metacognitive listening strategies used by EFL students in the State University of Surabaya, how much cognitive listening strategies used by EFL students in State University of Surabaya and how much socio-affective listening strategies used by EFL students in State University of Surabaya. This research used quantitative design and survey research to find out the result. The subjects of this research were 46 students of academic listening class A and B. The instrument used in this research was listening strategies questionnaire; metacognitive listening strategies, cognitive listening strategies, and socio-affective strategies. Based on the result, listening strategies that frequently used by EFL students were metacognitive listening strategies by looking at the mean value (M= 3.73). It consists of directed attention (M= 4.60), selective attention (M= 4.34) and relaxing (M= 4.08). The second listening strategies that frequently used by EFL students was cognitive listening strategies which had M= 3.66. It consists of personal experience (M= 4.21), listening keyword (M= 4.10) and taking note (M= 4.08). Last, socio-affective listening strategies were frequently used by EFL students which had M= 3.55. There were listening to someone else which had M 4.10 and self-encouragement M= 3.78.

Keywords: Listening Comprehension, Listening Strategies, Metacognitive Listening Strategies, Cognitive Listening Strategies , and Socio-affective strategies.

Published
2019-07-27
How to Cite
IVONE FIRDAUS, M. (2019). Listening Comprehension Strategies Used by EFL Students in State University of Surabaya. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/29721
Section
Articles
Abstract Views: 117
PDF Downloads: 378