The Use of Authentic Materials in Teaching Writing of Hortatory Exposition Text

  • ANDRI SAROFAH

Abstract

Abstrak

Bahan ajar otentik adalah bahan ajar yang berasal dari konteks kehidupan nyata seperti koran, majalah, artikel dan internet. Bahan tersebut di gunakan secara langsung atau diadaptasi untuk digunakan dalam proses belajar mengajar sebagai bahan ajar. Bahan tersebut memerankan peran yang penting dalam mempelajari bahasa kedua atau bahasa asing karena membawa bahasa dari konteks kehidupan sehari-hari kedalam kelas. Bahan ajar otentik dapat digunakan dalam seluruh proses belajar mengajar ketrampilan bahasa (mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis). Dalam proses belajar mengajar, terutama menulis, teks-teks dari bahan otentik dapat memberikan pandangan dan pola pikir siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripskan bagaimana guru menggunakan bahan ajar otentik dalam mengajar menulis teks eksposisi hortatori, untuk mendeskripsikan organisasi tulisan siswa sebagai hasil dari menggunakan bahan otentik, dan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan bahan ajar otentik dalam pengajaran menulis teks eksposisi hortatori. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan Interpretatif Dasar sebagai desainnya. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa di sekolah negeri. Data untuk penelitian ini adalah aktivitas guru didalam kelas, teks hasil tulisan siswa, dan tanggapan siswa terhadap kuesioner. Data tersebut dikumpulkan melalui observasi, portofolio, dan kuesioner. Selanjutnya, hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat beberapa tahap yang dilakukan guru dalam menggunakan bahan ajar otentik dalam mengajar menulis teks eksposisi hortatori meliputi brainstorming, membimbing siswa dalam membahas topik, memantau siswa dalam mengumpukan sumber-sumber, memantau siswa dalam menulis garis besar dan rancangan teks, dan memberikan umpan balik pada tulisan siswa serta memberikan kesempatan siswa untuk memperbaiki tulisan mereka. Di satu sisi, sebagian besar tulisan siswa dikategorikan sebagai “sangat baik” dan “ baik”. Sementara itu, hanya sedikit dari tulisan tersebut yang dikategorikan sabagai “cukup”. Selain itu, respon siswa terhadap penggunaan bahan ajar otentik dalam pengajaran menulis teks eksposisi hortatori adalah positif. Siswa tertarik pada proses pembelajaran, dan bahan ajar otentik membantu siswa untuk membangun argumen dalam tulisan mereka.

Kata kunci: Bahan ajar otentik, pengajaran,teks eksposisi hortatori

Abstract

Authentic materials are materials from real-life context such as newspaper, magazine, articles, and internet. They are adopted or adapted to be used in the teaching-learning process as the materials. They play a significant role in learning a second or foreign language which bring language in the real life context to the classroom. Authentic materials are applicable in all language skills (listening, speaking, reading and writing) teaching-learning process. In the teaching-learning process, especially in writing, texts from authentic materials could energize students and set their mind. Therefore the aim of this study is to describe how the teacher uses authentic materials in teaching writing hortatory exposition text, to describe students’ writing of hortatory exposition text using authentic materials, and to describe students’ responses toward the use of authentic materials in teaching writing hortatory exposition text. This is a qualitative study with Basic Interpretative design. The subject of the study is a teacher and students in a public school. The data were teacher’s works in the classroom, text or students’ writing and students’ responses toward the questionnaire. Those were gathered through observation, portfolio, and questionnaire. Moreover, the result revealed that there are several stages done by the teacher in using authentic materials in teaching writing of hortatory exposition text, which are brainstorming, guiding students in discussing topic, monitoring students in collecting references, monitoring students in writing outline and draft, giving feedback to students’ writing, and giving students chance to revise the writing. In one hand, most of the students’ writing were categorized as “excellent” and “good”. While only a few of them were categorized as “adequate”. Besides, students’ responses toward the use of authentic materials in teaching writing hortatory exposition text were positive. Students were interested in the learning process since the teacher guided them gradually and authentic materials helped students in constructing arguments.

Keywords: Authentic Materials, teaching, writing, hortatory exposition text

Published
2019-09-24
How to Cite
SAROFAH, A. (2019). The Use of Authentic Materials in Teaching Writing of Hortatory Exposition Text. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 7(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/30605
Section
Articles
Abstract Views: 135
PDF Downloads: 259