The Implementation of Poster Presentation Project in Teaching Speaking of Descriptive Text for Vocational School

  • MOH. HAMDANY ARIEF

Abstract

Abstrak

Dewasa ini,mengajar berbicara menggunakan presentasi sebagai kegiatan pembelajaran umumnya menggunakan Ms. PowerPoint. Hal ini membuat siswa sering membaca teks presentasi mereka daripada menjelaskan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan projek presentasi menggunakan poster sebagai media untuk mengajar berbicara untuk siswa jurusan multimedia, meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) untuk menyelesaikan masalah di dalam kelas. Pendekatan yang digunakan untuk mendeskripsikan data adalah pendekatan kualitatif. Pendekatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang partisipan yang terlibat. Subyek dalam penelitian ini adalah guru bahasa inggris dan siswa kelas 10 Multimedia di SMKN 1 SURABAYA. Peneliti menggunakan tiga instrumen yaitu catatan observasi, daftar pertanyaan dan wawancara dalam bentuk semi struktur. Untuk mengambil data, peneliti menggunakan observasi, setelah itu memberikan dafttar pertanyaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah poster dapat digunakan untuk mengajar ketrampilan berbicara secara efektif di dalam kelas.

Kata Kunci: posters, berbicara.

Abstract

Nowadays, teaching speaking with presentation as the activity commonly used Ms. PowerPoint as the media to do a presentation. It makes the students often to read their notes rather than explain their point, The objectives of this study are to describe the implementation of posters presentation project as media in the multimedia class to teach speaking in a vocational school. The qualitative research is used in this research as the approach and the method to solve problem in the data collection. The subject of this research is the Students in Tenth Multimedia class in the SMKN 1 SURABAYA. There are three instruments which are used by the researcher. They are observation sheets, questionnaire and interviews in the form of semi-structured. To collect the data, the researcher uses the observation, then gives the questionnaire. In conclusion, the posters are effective to be used as media to teach speaking for multimedia students.

Keywords: posters, speaking.

Published
2020-01-20
How to Cite
HAMDANY ARIEF, M. (2020). The Implementation of Poster Presentation Project in Teaching Speaking of Descriptive Text for Vocational School. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/31812
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 212