The Effect of Mini Drama towards Students’ Speaking Skill for Senior High School

  • UMMI HANIK

Abstract

Abstrak

Keterampilan berbicara, sebagai salah satu keterampilan dasar bahasa Inggris, memiliki peran penting dalam proses pembelajaran bahasa. Ini adalah keterampilan produktif dalam pembelajaran bahasa. Untuk menguasai keterampilan berbicara, peserta didik harus menerapkan penggunaan bahasa Inggris dalam komunikasi secara lisan. Para siswa yang ingin menguasai keterampilan berbicara harus menerapkan penggunaan bahasa Inggris dalam komunikasi secara lisan. Dalam beberapa kasus, siswa mengalami kesulitan dalam praktik berbahasa Inggris. Siswa takut melakukan kesalahan, terutama di depan kelas. Penelitian ini di desain dengan penelitian kuantitatif eksperimental. Murid kelas sepuluh SMAN 2 Bangkalan sebagai populasi, dan sampel dari kedua kelas adalah 34 siswa. Instrumen penelitian adalah rubrik penilaian tes dan berbicara. Data diperoleh dalam bentuk skor pre-test dan post-test. Data pada journal ini di analisis dengan menggunakan Uji Mann-Whitney U supaya menemukan tingkat signifikansinya dikarenakan data skor tidak terdistribusi secara normal. Berdasarkan hasil output pada penelitian dari Uji Mann-Whitney U, tingkat signifikansi (p) dari skor post-test adalah 0,000. Ini lebih rendah dari 0,05 yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok setelah diberi perawatan. Selain itu, ada perbedaan yang signifikan dalam penggunaan drama mini pada keterampilan berbicara siswa kelas sepuluh. Kemudian, ukuran efek yang diberikan milik efek besar yaitu .48.18. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada efek menggunakan drama mini pada keterampilan berbicara siswa kelas sepuluh di SMAN 2 Bangkalan.

Kata Kunci: mini drama, keterampilan berbicara

Abstract

The fundamental of English is speaking skill. It is because the learning process of speaking has some role. It is a productive skill in language learning. To master a speaking skill, learners must implement the use of English in communication orally. The students who want to master a speaking skill should implement the use of English in communication orally. In some cases, students have difficulty in English speaking practice. The students afraid to do the mistakes, especially in front of the class. The research of this design is quantitative research by using experimental class. The students’ of ten-grade as a population in SMAN 2 Bangkalan, and 34 students of both classes as a sample. Speaking assessment rubric and test as the instrument of this research. The post-test and pre-test score was the data that were analyzed by the Mann-Whitney U Test. In this research, the data was not normally distributed, thus the researcher uses Mann-Whitney to know the significance of the data. the result has shown that the data was significant. It is because the post-test scores are .000. It means that the score was lower than .05. also, the use of mini-drama can bring a good effect to make the students are talk active. However, .48.18 was the result of effect size, which means that the research brings a large effect of using mini-drama in SMAN 2 Bangkalan.

Keywords: mini-drama, speaking skill


Published
2020-01-26
How to Cite
HANIK, U. (2020). The Effect of Mini Drama towards Students’ Speaking Skill for Senior High School. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/31938
Section
Articles
Abstract Views: 162
PDF Downloads: 84