The Effectiveness of Monopoly Game as Media to Enhance 10th Graders Speaking in Descriptive Text

  • DEWANGGI PUTRI WAHYUDI

Abstract

Abstrak

Keterampilan berbicara adalah salah satu keterampilan berbahasa yang penting yang harus dikuasai oleh siswa. Itu karena keterampilan berbicara adalah keterampilan produktif yang di mana siswa harus berkomunikasi dalam bahasa Inggris secara lisan. Namun, ada beberapa masalah dalam pengajaran dan pembelajaran berbicara, seperti siswa bersikap pasif dan tidak memiliki motivasi untuk belajar, siswa kurang komunikatif dalam kelas, guru jarang menggunakan media di kelas, dll. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan monopoli terhadap keterampilan berbicara siswa kelas sepuluh. Penelitian ini adalah penelitian eksperimental yang menggunakan quasi-eksperimental desain. Semua siswa kelas sepuluh dari salah satu sekolah islam di Surabaya sebagai populasi, sementara itu 63 siswa sebagai sampel dalam penelitian ini. 32 siswa dari kelas X SOCIAL 1 sebagai grup eksperimen dan 31 siswa dari kelas X SOCIAL 3 sebagai grup kontrol. Tes lisan sebagai instrumen penelitian, yaitu pre-test dan post-test. Hasil dari kedua tes tersebut adalah data dari penelitian ini yang dianalisis dengan menggunakan Mann-Whitney U Test untuk mengukur tingkat signifikasi dari hasil kedua tes. Hal itu karena hasil tes tidak terdistribusi normal. Hasil tes menunjukkan bahwa Asymp. Sig. (2-tailed) dari tes ini adalah .000 yang dimana kurang dari 0,050. Ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara grup kontrol dan grup eksperimen. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan dari nilai rata-rata yaitu 42,34 dari grup eksperimen, sedangkan 21,32 dari grup kontrol. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam penggunaan permainan monopoli keterampilan berbicara siswa kelas sepuluh. Permainan ini memberikan efek terhadap keterampilan berbicara siswa. Selain itu, the effect size dari tes adalah 0,64, yang artinya memiliki permainan ini memiliki efek besar. Dengan Singkat, permainan monopoli memberikan efek terhadap keterampilan berbicara siswa kelas sepuluh dalam teks deskriptif. Dengan demikian, peneliti merekomendasikan kepada guru Bahasa Inggris untuk menerapkan permainan monopoli dalam mengajar keterampilan berbicara dan keterampilan lainnya.

Kata Kunci: Permainan Monopoli, Keterampilan Berbicara

Abstract

Speaking skill is one of important language skill that should be mastered by the students. It is because speaking skill is productive skill where the students must have communication in English orally. However, there are some problems in teaching and learning speaking, such as students are passive and have no motivation, students’ less communicative in class, the teacher rarely use media in class, etc. Thus, this study aims to investigate the effect of monopoly game on tenth graders’ speaking skill. This study is experimental research which apply quasi-experimental design. All tenth graders of one of Islamic school in Surabaya as the population while 63 students’ as the sample in this study. There are 32 students in X SOCIAL 1 as experimental group and 31 students in X SOCIAL 3 as control group. Oral test as research instrument which are the pre-test and post-test. The result of those tests are the data of this study which are analysed by applying the Mann-Whitney U Test in order to measure the significant level of the score. It is because the result of the tests not normally distributed. The result of the test showed that Asymp. Sig. (2-tailed) of the test is .000 which less than .050. It indicated that there is significant difference between control and experimental group. Moreover, there are significant different from mean rank score which is 42.34 from experimental group, while 21.32 from control group. It can be concluded that s there is significant difference in the use of monopoly game of tenth graders’ speaking skill. This game gives effect toward students’ speaking skill. In addition, the effect size of the test is .64, which it means it has large effect. In short, the monopoly game gives an effect toward tenth graders’ speaking skill in learning descriptive text. Thus, the researcher recommends to English teacher to apply monopoly game in teaching speaking and other skill.

Keywords: Monopoly Game, Speaking Skill
Published
2020-01-26
How to Cite
PUTRI WAHYUDI, D. (2020). The Effectiveness of Monopoly Game as Media to Enhance 10th Graders Speaking in Descriptive Text. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/31941
Section
Articles
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 520