NOTE ON FACEBOOK TO TEACH FIRST CONDITIONALS IN ERROR RECOGNITION FOR VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENTS

  • NANIK ERLIA SANTI

Abstract

Dalam pelajaran bahasa Inggris terdapat ketrampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis yang harus harus dipelajari oleh para siswa. Ketrampilan tersebut didukung oleh beberapa kompetensi bahasa yaitu perbendaharaan kata, pelafalan, dan tata bahasa. Tata bahasa sendiri tidak dapat dipisahkan dari ketrampilan di atas dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa Inggris.  Tata bahasa dipilih menjadi salah satu bagian penting dalam  error recognition di TOEIC atau ujian nasional untuk siswa SMK di Indonesia. Pengajaran dan pembelajaran tata bahasa Inggris di SMK seperti di SMKN 4 Surabaya mengalami beberapa masalah. Guru bahasa Inggris kelas X Administrasi Perkantoran 3 di sekolah ini mengatakan bahwa masalah yang pertama adalah dengan KKM 75, hanya ada tidak lebih dari sepuluh siswa dari tiga puluh delapan siswa (25%) di kelas tersebut yang lulus KKM dalam pelajaran bahasa Inggris. Masalah yang kedua adalah para siswa tidak meliki hasrat untuk belajar, malas, dan takut untuk mengekspresikan pemikiran mereka dalam belajar bahasa Inggris. Masalah yang terakhir adalah para siswa tetap mengoperasikan hand phone mereka selama pelajaran berlangsung untuk berselancar di Facebook contohnya, yang tidak berkaitan dengan pelajaran mereka.

Penelitian ini diselenggarakan untuk mengetahui implementasi penggunaan catatan di Facebook dan juga untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa saat penggunaan media ini untuk belajar kalimat pengandaian jenis pertama dalam error recognition. Desain penelitian ini adalah metode campuran antara kualitatif dan kuantitatif. Terdapat dua variable dalam penelitian ini. Pertama yaitu catatan dalam facebook sebagai variabel bebas. Kedua adalah variabel bergantung yaitu tes dengan format quiz yang diberikan kepada siswa tiap akhir siklus. Instrument dalam penelitian ini yaitu catatan lapangan, wawancara, dan tes. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas jadi pengumpulan datanya memalui beberapa tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data-data akan dianalisa dalam dua cara, analisis data deskriptif dan analisis data angka.

Setelah pengumpulkan data, penulis menganalisa data tersebut. Berdasar pada wawancara dan catatan lapangan penulis, penulis menemukan bahwa terdapat banyak refleksi pada siklus pertama karena impementasi catatan dalam Facebook untuk pengajaran kalimat pengandaian jenis pertama berjalan kurang baik dan para siswa mendapat nilai rata-rata yang rendah, oleh sebab itu peneliti memutuskan untuk menyelenggarakan siklus kedua. Dalam siklus kedua, implementasi berjalan baik dan nilai rata-rata siswa meningkat dari 67,8 menjadi 86,0. Lagipula, penggunaan catatan dalam Facebook cocok karena dapat meningkatkan transformasi pembelajaran dan meningkatkan komunikasi dengan siswa. Media tersebut membuat siswa lebih paham, terlibat dalam kegiatan, dan memberikan pengaruh yang signifikan dalam lingkungan akademik. Selain itu media tersebut dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam belajar kalimat pengandaian jenis pertama berdasar pada  peningkatan rata-rata nilai siswa dari siklus pertama ke siklus kedua. Hal itu dapat terjadi karena penerapan media catatan dalam Facebook dapat memberikan serangkaian respon psikologis seperti rasa keterlibatan yang tinggi, perhatian, konsentrasi, kesenangan, dan efek ingatan yang kuat.

Kata kunci: Grammar, first conditionals, error recognition, note on Facebook. 

 

Abstract

In English subject, there are listening, speaking, reading, and writing skills which should be learned by the students. Those skills are supported by some language components for instance vocabulary, pronunciation, and grammar. Grammar cannot stand by itself in teaching and learning English. It belongs to each skill. Grammar is also chosen to be an important part of error recognition in TOEIC or national examination (UNAS) for the students of vocational high school in Indonesia. Grammar’s teaching and learning at vocational high school for instance in SMKN 4 Surabaya, also faces some problems. The teacher of tenth grade of Office Administration three said that with the score of English’s KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) which is seventy five; there are only no more than ten students from forty students in this class (25%) who can pass that KKM in English subject. Second is the students are lack of desire, still lazy, and nervous to express their idea in learning English. The last problem is the students still operate their mobile phones during the lessons take place for browsing on Facebook for example, which are not related to their lessons.

This study was conducted to know the implementation of using note on Facebook and also to find out the students’ improvement when the use of that media to teach first conditionals in error recognition was applied. The research design used was mix methods. The Tenth Graders of Office Administration Three Class of SMKN 4 Surabaya were the subject of her research.  There were also research variables in her study, first was independent variable which was note on Facebook. The second was dependent variable which was measured in a small test called teacher made test in form of quiz that was given to the students at the end of each cycle. The research instrument in this study was field note, interview, and quiz test. This study was classroom action research so the data collected through some steps for instance planning, acting, observing, and reflecting. The data were analyzed in two ways, descriptive data analysis and numerical data analysis.

After collecting the data, the writer analyzed them. Based on the writer interview and field note, she found that there were lots of reflections in the first cycle because the implementation of note on Facebook for teaching first conditionals went badly and the students got low mean, so she decided to conduct the second cycle. In the second cycle, the implementation went well and the students’ mean increased. The mean increased from 67.8 to 86.0. Furthermore, the use of note on Facebook was appropriate one because it could transform learning and increase the communication with the students. It made the students more understand, involved in the activity, and gave significant impacts in academic environments. Moreover, it could improve the student’s ability in learning first conditional sentences based on the student quiz test’s mean from first cycle to second cycle. It could happened because implementing note on Facebook as multimedia could give a number of psychological responses, such as a high level of involvement, attention, concentration; fun; and strong recognition effects.

 

Keywords: Grammar, first conditionals, error recognition, note on Facebook.

 

Published
2013-07-12
How to Cite
ERLIA SANTI, N. (2013). NOTE ON FACEBOOK TO TEACH FIRST CONDITIONALS IN ERROR RECOGNITION FOR VOCATIONAL HIGH SCHOOL STUDENTS. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/3224
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 24