The Implementation of Quoting, Paraphrasing, and Summarising Skills to Avoid Plagiarism in Teaching Writing Analytical Exposition Texts

  • OKTAVIANA DIAN P

Abstract

Para siswa terkadang melakukan plagiat ketika mendapatkan tugas menulis sebuah esai. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk mempelajari penerapan kemampuan mengutip, memparafrase, dan merangkum untuk menghindari plagiat dalam pengajaran menulis teks berbentuk analytical exposition. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI IPA 6 SMA N 12 Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tulisan para siswa. Hasil menunjukkan bahwa dalam mengajar guru menerapkan langkah-langkah seperti prewriting, drafting, dan revising. Walaupun begitu, karena keterbatasan waktu guru tersebut tidak dapat mengecek dan membantu setiap siswa dalam menggunakan kemampuan mengutip, memparaphrase, dan merangkum. Untuk hasil dari tulisan para siswa menunjukkan terdapat lima belas siswa yang dapat menghindari plagiat karena mereka dapat menggunakan kemampuan mengutip dengan benar, tiga siswa yang secara tidak sengaja menjadi pelaku plagiat karena gagal menggunakan kemampuan mengutip dengan benar, tujuh siswa yang secara sengaja melakukan plagiat, dan sepuluh siswa yang tulisannya tidak bisa dikategorikan menjadi tulisan plagiat atau bukan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa para siswa dapat menghindari plagiat ketika mereka dapat menggunakan kemampuan mengutip dengan benar. Akan tetapi, hasil yang diperoleh juga menunjukkan bahwa mereka tidak bisa menngunakan kemampuan memparafrase dan merangkum untuk menghindari plagiat dalam tulisan mereka.

Keywords: kemampuan mengutip, memparafrase, dan merangkum; menulis; teks berbentuk “analytical exposition”; menghindari plagiat.               

Abstract

 

Students sometimes plagiarise others’ work when they get assignment to write a composition. Based on that problem, the researcher was interested in studying the implementation of quoting, paraphrasing, and summarizing skills to avoid plagiarism in teaching writing analytical exposition texts. In this study, the researcher used qualitative design. The subject of this study was XI IPA 6 of SMAN 12 Surabaya. The researcher used observation sheet and students’ writing as the instruments to collect the data. The result shows that the teacher used prewriting, drafting, and revising stages in the class which means she was not only paid attention to her students’ writing result; but also to their writing process. However, she did not have enough time to check and help every student to use quoting, paraphrasing, and summarising skills. For the result of the students’ writing shows that there were fifteen students who could avoid plagiarism because they could use quoting skill properly; three students who became unintentional plagiarists because they failed to use quoting skill properly; seven students who became deliberate plagiarists; and ten students whose their work could not be categorized as plagiarism work or not. It can be concluded that some students were able to avoid plagiarism by using quoting skill properly. In the contrary, they could not use paraphrasing, and summarising skills to avoid plagiarism in their writing.

Keywords: quoting, paraphrasing, summarizing skills; writing; analytical exposition text; avoid plagiarism.  

 

Published
2013-08-15
How to Cite
DIAN P, O. (2013). The Implementation of Quoting, Paraphrasing, and Summarising Skills to Avoid Plagiarism in Teaching Writing Analytical Exposition Texts. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/3778
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 21