The Implementation of “Numbered Heads Together” in Teaching Reading Narrative Text to the Tenth Graders

  • ROSI NOVITASARI

Abstract

Membaca adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai dalam mempelajari bahasa Inggris. Dalam pembelajaran membaca, siswa- siswa menghadapi beberapa masalah, seperti kesulitan dalam mengerjakan tugas, suasana kelas yang monoton, dan buruknya interaksi guru dan siswa maupun antar siswa di dalam kelas. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengelompokkan siswa supaya mereka dapat saling membantu satu sama lain. Faktanya, bekerja dalam kelompok dapat meningkatkan interaksi antar siswa dan mempermudah mereka untuk menyelesaikan tugas. Namun, dalam suatu kelompok, sering terdapat anggota yang selalu aktif dan ada pula yang pasif. Oleh sebab itu, guru bisa memanfaatkan teknik Numbered Heads Together untuk mengatasi masalah dominasi yang ada  dalam kelompok tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik Numbered Heads Together dalam pengajaran membaca teks naratif dan kemampuan siswa dalam membaca pemahaman setelah penerapan teknik tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa- siswa kelas X SMA N 3 Sidoarjo. Data dari penelitian  diperoleh dari hasil observation checklist dan hasil dari tugas siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan teknik Numbered Heads Together mendorong siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam semua kegiatan pembelajaran. Selain itu, tidak terjadi dominasi dalam kelompok sebab setiap anggota kelompok mempunyai kesempatan untuk berpartisipasi. Dengan menerapkan teknik ini, siswa juga saling membantu untuk memahami teks dan menjawab pertanyaan tentang teks tersebut. Bahkan, jumlah siswa yang mendapat predikat bagus meningkat dari satu pertemuan ke pertemuan berikutnya. Ini berarti kemampuan siswa dalam membaca pemahaman lebih baik setelah penerapan teknik Numbered Heads Together. Dapat disimpulkan bahwa teknik Numbered Heads Together adalah teknik yang bagus untuk digunakan dalam pengajaran membaca teks naratif, khususnya untuk kelas X, sebab teknik ini dapat membantu siswa mengatasi kesulitan dalam membaca, menciptakan suasana yang posiitif dalam kelas, dan juga membangun interaksi yang bagus antara guru dan siswa 

Kata Kunci: pengajaran membaca, Numbered Heads Together, teks naratif.

Abstract

Reading is one of skills that must be mastered in learning English. In reading class, the students might face a lot of problems, such as the difficulties of the task, monotonous atmosphere, and bad classroom relationship. One of the ways to solve this is put them into some groups so that they can help each other. The fact that group work enhances the interaction among the students and let them does the task easier. However, in a group work, it is often happened that there is the member who is always active and those who are passive. Then, the teacher can use Numbered Heads Together to overcome this kind of dominance in group works. The aims of this study are to describe the implementation of Numbered Heads Together in teaching reading narrative text and to describe the students’ reading comprehension after the implementation of Numbered Heads Together in teaching reading narrative text to the tenth graders. This study is descriptive qualitative research. The subject of this study are the tenth graders of SMA N 3 Sidoarjo. The data of this study are collected from the result of observation checklist and the result of students’ task. The result of this study shows that the implementation of Numbered Heads Together encourages the students to participate actively in the whole activities. Moreover, it shows that there is no dominance in the group as everybody has chances to participate. By using this technique, the students help each other to comprehend the text as well as answer the questions of the text. In addition, the numbers of students who get good achievement increase from one meeting to another. It means that the students’ reading comprehension is better after the implementation of Numbered Heads Together. In conclusion, Numbered Heads Together is a good technique to be used in teaching reading narrative text, especially for the tenth graders, since it helps the students to overcome their difficulties in reading, creates a positive atmosphere in the class, and builds a good interaction for teacher and students.

Keywords: teaching reading, Numbered Heads Together, narrative text.



Published
2013-08-15
How to Cite
NOVITASARI, R. (2013). The Implementation of “Numbered Heads Together” in Teaching Reading Narrative Text to the Tenth Graders. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/3789
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 77