THE IMPLEMENTATION OF USING “PEN PAL” IN TEACHING WRITING OF DESCRIPTIVE TEXTS TO THE SEVENTH GRADERS OF AL-FALAH JUNIOR HIGH SCHOOL

  • ANNISA DEWI R

Abstract

Menulis adalah leterampilan yang sulit bagi siswa SMP karena penulis harus menyeimbangkan beberapa isu seperti unsur menulis untuk menciptakan produk tertulis yang menunjukkan penguasaan dalam semua elemen menulis dalam bahasa baru yang jarang digunakan oleh mereka. Oleh karena itu, guru harus kreatif dalam mengajar untuk membuat suasana belajar yang menarik untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris siswa, terutama dalam  keterampilan menulis. Menulis surat kepada sahabat pena memberikan siswa kesempatan untuk berkomunikasi secara efektif dalam bahasa Inggris untuk mengekspresikan gagasan, pikiran, dan keyakinan tentang topic tertentu.

Saling bertukar surat dengan sahabat pena merupakan suatu  kegiatan yang dilakukan satu orang dengan yang lain untuk berteman dengan seseorang belum pernah dia temui sebelumnya. Dalam studi ini, para siswa bertukar surat melalui e-mail dengan siswa lain di luar negeri. Ini memotivasi para siswa untuk menulis dalam bahasa Inggris dan juga mempromosikan pembelajaran lintas-budaya antara kedua siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi dari penggunaan sahabat pena untuk mengajar keterampilan menulis teks deskriptif untuk siswa kelas tujuh. Selain itu, tujuannya adalah untuk mengetahui respon siswa terhadap teknik tersebut setelah pelaksanaan pertukaran surat sahabat pena. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dalam studi ini adalah siswa kelas 7-2 SMP Al-Falah. Sebagai pengamat, peneliti menggunakan lembar observasi dan catatan lapangan untuk mengamati pelaksanaan teknik sahabat pena.sebuah wawancara dengan guru bahasa Inggris juga dilakukan untuk mendapatkan lebih banyak data. Adapun dengan respon siswa, lembar kuesioner dibagikan kepada 26 siswa kelas 7-2 untuk dapat menjawab pertanyaan dalam penelitian ini.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bertukar surat dengan sahabat pena dapat menyediakan komunikasi yang otentik dan memotivasi latihan menulis. Siswa secara aktif berpartisipasi dalam proses belajar-mengajar dan bersemangat menulis surat kepada sahabat pena. Ini member mereka motivasi lebi untuk mempelajari bentuk-bentuk yang benar dalam tanda baca, tata bahasa, dan kosa kata baru yang terkait dengan kehidupan  mereka. Siswa juga memberian respon positif  terhadap teknik pengajaran ini dan setuju bahwa teknik ini membantu mereka dalam meningkatkan kemampuan menulis mereka.

Dari hasil dan analisis, dapat disimpulkan bahwa bertukar surat dengan sahabat pena dapat menjadi teknik yang efektif dalam pengajaran dan pembelajaran menulis terutama dalam teks deskriptif. Ini memotivasi mereka untuk menjadi penulis yang lebih baik dan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka karena memiliki pembaca asli. Akhirnya, penulis berharap bahwa penyelesaian penelitian ini akan bermanfaat bagi guru bahasa Inggris dan peneliti lain.

Kata Kunci: kemampuan menulis, sahabat pena, bertukar surat.

 

Abstract

Writing is a difficult skill for junior high school students because writers must balance multiple issues such as the elements of writing to create written products that show mastery in a whole new language that is rarely used by them. Therefore, a teacher must be creative in teaching writing to make an interesting and engaging learning atmosphere to improve students’ English proficiency, especially in writing skill. Writing pen pal letters gives the students a chance to communicate effectively in English to express their ideas, thoughts, and beliefs on a certain topic.

Pen pal letter exchange is an activity which a person exchanges letters with another’s to make friends with someone whom she/he has never met. In this study, the students exchange letters via e-mail with another student abroad. It motivates the students to have a habit to write in English and also promotes cross-cultural learning between the two students.

This study aimed to find out the implementation of using pen pal to teach writing descriptive texts to the seventh grade students. Besides that, its purpose was to find out the students’ responses towards the technique after the implementation of pen pal letter exchange. The research method was descriptive qualitative study. The subject of the study was the students of class 7-2 of Al-Falah Junior High School. As an observer, the researcher used observation sheets and field notes to observe the implementation of pen pal. An interview to the English teacher and analysis to the students’ written work were also done to get more data. As for the students’ responses, questionnaire sheets were distributed to 26 students of class 7-2 to answer the second research question.

The results of this study showed that pen pal letter exchange provided authentic communication and motivated writing practice. The students were actively participating in the teaching and learning process and eagerly wrote to the pen pal. It gave them more motivation to learn correct forms of punctuation, grammar and new vocabulary related to their lives. The students were also gave positive responses towards the technique and agreed that the technique helped them in improving their writing abilities.

From the results and the analysis, it can be concluded that pen pal letter exchange can be an effective technique in the teaching and learning of writing especially in terms of descriptive texts. It motivates them to be a better writer and to improve their English proficiency as they have a genuine audience. Finally, it is expected that the completion of this study will be useful for English teacher and other researchers.

Keywords: Writing ability, Pen Pal, Letter Exchange.

Published
2013-08-15
How to Cite
DEWI R, A. (2013). THE IMPLEMENTATION OF USING “PEN PAL” IN TEACHING WRITING OF DESCRIPTIVE TEXTS TO THE SEVENTH GRADERS OF AL-FALAH JUNIOR HIGH SCHOOL. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/3792
Abstract Views: 130
PDF Downloads: 89