THE USE OF CORRECTION CODES IN WRITING CLASS TO HELP TENTH GRADE STUDENTS DO SELF-CORRECTION

  • PUTRI JEFTA

Abstract

Menulis merupakan salah satu ketrampilan yang harus dipelajari oleh siswa yang belajar bahasa Inggris. Latihan menulis menjadi hal yang sangat penting untuk diterapkan dikelas dimana bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa kedua, selain untuk meningkatkan kualitas isi tulisan tetapi juga tata bahasa. Terlalu berlebihan dalam memberikan koreksi pada tulisan siswa akan membuat mereka frustasi, namun bukan berarti koreksi itu tidak perlu. Koreksi dengan kode sebagai komentar tertulis menjadi hal yang efektif dalam membantu siswa meningkatkan kualitas tata bahasa mereka tanpa membuat frustasi. Hal tersebut dapat memicu siswa untuk menggunakan pengetahuan tata bahasa yang telah dipelajari, serta membantu untuk peka terhadap apa yang telah ditulis. Lebih daripada itu, siswa dapat terbantu untuk lebih mandiri dengan melakukan koreksi pribadi, sehingga peran guru adalah fasilitator. Penelitian ini akan menjawab beberapa pertanyaan, yaitu: (1) Bagaimana penerapan koreksi dengan kode dalam pembelajaran menulis? (2) Bagaimana koresi dengan kode dapat menolong siswa untuk melakukan koreksi pribadi? Dan (3) Bagaimana respon siswa terhadap koreksi dengan kode sebagai masukan bagi karya mereka? Penelitian ini merupakan penelitian berbentuk deskripsi dengan siswa SMAN 1 Krian sebagai subjeknya. Peneliti menggunakan lembar pengamatan, hasil tugas siswa dan wawancara sebagai alat penelitian. sedangkan data-data diperoleh melalui pengamatan selama koreksi dengan kode diterapkan sebagai komentar tertulis, hasil tugas siswa dari menulis deskripsi serta respon yang disampaikan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan koresi dengan kode di SMAN 1 Krian dapat berlangsung dengan baik dan mudah dipahami. Sebagian besar dari siswa menunjukkan peningkatan dalam tulisan mereka setelah diberi masukan. Lebih lagi, menurut para siswa koreksi dengan kode itu efektif dalam membantu meningkatkan kualitas tulisan mereka. Sebagai kesimpulan, koreksi dengan kode dapat menolong siswa dalam menemukan kesalahan mereka sendiri dan melakukan pembetulan pribadi melalui kode yang diberikan.
Kata Kunci: koreksi dengan kode, menulis, koreksi pribadi

Abstract
Writing is one of the skills which should be learned by students who are learning English. In the second language classroom, writing practise is very important to improve not only the quality of the content but also the grammatical structure. Over correcting students’ work will make students frustrated but it does not mean correction is not important. Correction code as the written corrective feedback is effective to help student improve their quality in grammatical structure without making them frustrated. It can stimulate students to use the knowledge they have learned about language features and train them to be attentive for everything they have written. Moreover, it also helps student to be more independent by doing self-correction, so the role of the teacher will be as facilitator. This study would answer the research questions which had been stated. Those were: (1) How is the implementation of correction code in writing class? (2) How does correction code help students do self correction in writing class? And (3) How is students’ response toward correction code as feedback for their writing? This research was descriptive qualitative with tenth grader students of SMAN 1 Krian as the subject. The researcher used observation sheet, students’ writing task and interview as the instrument. The data were obtained from the observation during the implementation of correction codes as a written feedback, the students’ writing descriptive task and students’ responses. The result showed that the implementation of correction codes as a written feedback in teaching writing to the tenth graders of SMAN 1 Krian was understandable and went well. Most of the students have improved their writing after given feedback. Moreover, students thought that correction code is an effective feedback to help them improve their writing. In conclusion, correction
codes could help students discovered their mistakes from the given codes and do self correction correct their own mistakes.
Keywords: correction code, writing, self-correction

Published
2013-08-15
How to Cite
JEFTA, P. (2013). THE USE OF CORRECTION CODES IN WRITING CLASS TO HELP TENTH GRADE STUDENTS DO SELF-CORRECTION. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/3795
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 17