USING POSTERS AS MEDIA TO TEACH SPEAKING TO THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMPN 1 MADIUN
Abstract
Setahun yang lalu, peneliti melakukan praktek mengajar di SMPN 1 Madiun. Selama masa pengajaran
itu, peneliti menemukan bahwa para siswa tidak mampu berbicara secara natural and terkadang mereka
merasa bingung ketika mereka ingin menyampaikan pendapat pada teman sekelas. Berdasarkan
masalah yang ditemukan, peneliti memutuskan untuk menggunakan poster sebagai media karena
berdasarkan pernyataan Reilly (2007) penggunaan poster di awal kelas dapat memotivasi siswa untuk
berbicara Bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan poster
sebagai media di dalam kelas untuk mengajar ketrampilan berbicara dan untuk mendeskripsikan respon
siswa terhadap penggunaan poster sebagai media untuk mengajar ketrampilan berbicara.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) untuk menyelesaikan masalah di
dalam kelas. Pendekatan yang digunakan untuk mendeskripsikan data adalah pendekatan kualitatif.
Pendekatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang partisipan yang terlibat.
Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8B di SMPN 1 Madiun. Peneliti menggunakan dua
instrumen yaitu catatan lapangan dan wawancara dalam bentuk semi struktur. Untuk mengambil data,
peneliti menggunakan siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Peneliti sebagai guru yang akan melakukan observasi di beberapa pertemuan. Poster yang dutunjukkan
akan digunakan oleh siswa untuk menjelaskan ide mereka yang berhubungan dengan poster. Pada
mulanya, siswa membuat beberapa kesalahan dalam membuat kalimat. Tetapi, di akhir presentasi, guru
menujukkan kesalahan yang dibuat oleh siswa selama presentasi. Pada presentasi yang kedua, sebagian
besar siswa menyadari untuk membuat kalimat dengan baik. Siswa juga berpendapat bahwa
penggunaan poster dapat membuat suasana lebih menyenangkan daripada berbicara dengan tidak
menggunakan media. Kesimpulan dari penelitian ini adalah poster dapat digunakan untuk mengajar
ketrampilan berbicara secara efektif di dalam kelas.
Kata Kunci: posters, berbicara.
Abstract
A year ago, the researcher had an activity in SMPN 1 Madiun called PPL 2. During that
activity, the researcher found that the students could not speak naturally and sometimes felt
confused when they wanted to deliver the speech to their friends. Based on the problem that the
researcher found, the researcher decides to use posters as media because based on the statement of
Reilly (2007) using poster at the beginning of the class will awake the students up and tell them that
it is the time to speak. The objectives of this study are to describe the implementation of posters as
media in the classroom to teach speaking and the students‟ responses toward the posters as media to
teach speaking.
This research uses an action research to solve the problem of this class. The approach used
by the researcher is qualitative approach. It has a purpose to describe in detail about the participants.
The subject of this research is the eighth grade students of SMPN 1 Madiun who are in B class.
There are two instruments which are used by the researcher. They are field notes and interviews in
the form of semi-structured. To collect the data, the researcher uses the cycle. In this case, the steps
of the cycle are planning, acting, observing and reflecting.
The researcher as a teacher conducted the observation in some meetings. The posters which
were shown by the teacher would be used by the students to present their ideas related to the posters.
At first, the students made some mistakes in constructing sentences. But, at the end of the
presentation session, the teacher showed the mistakes made by the students during presentation. For
the next presentation, most of the students were aware of constructing sentence because the teacher
had shown them the mistakes. The students‟ responses also became a main point of the observation.
The students agreed that using posters can be more exciting media rather than long talking only. For
future presentation, the students wanted to use posters to facilitate them when in presentation. In
conclusion, the posters can be used as media to teach speaking effectively in the classroom.
Keywords: posters, speaking.
PDF Downloads: 22