The Implementation of Group Working in Teaching Reading  Narrative Text for Nine Graders of SMP Negeri 50 Surabaya

  • TITIS ARIWANGI

Abstract

Ada empat keterampilan yang termasuk didalam bahasa Inggris, seperti menulis, mendengar, berbicara, dan juga membaca. Melalui membaca, siswa bisa mendapatkan lebih banyak informasi yang mereka butuhkan selama hidup mereka. Ada begitu banyak metode yang dapat digunakan untuk guru mengajar membaca dan juga untuk membantu siswa meningkatkan kemampuan membaca mereka, seperti menggunakan peta konsep dengan kerja kelompok.

Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaplikasian kerja kelompok dengan menggunakan metode peta konsep dalam membaca teks naratif, untuk mengetahui respon siswa terhadap pengaplikasian kerja kelompok dengan menggunakan metode peta konsep, serta respon siswa terhadap kerja kelompok. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas sembilan dari SMPN 50 Surabaya yang terdiri 37 siswa IX-C. Subjek diambil berdasarkan nilai rata-rata tertinggi diantara kelas 9A-C sesuai dengan yang disarankan oleh guru bahasa Inggris. Untuk instrumen penelitian, peneliti menggunakan,  observasi checklist, catatan dilapangan dan kuesioner .

Peneliti menemukan bahwa peta konsep dengan kerja kelompok cukup mudah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan membaca. Mengajarkan membaca dengan kerja kelompok menggunakan metode peta konsep menjadi metode baru untuk siswa selama pertemuan. Para siswa mengatakan metode ini lebih baik daripada metode biasa yang mereka gunakan di kelas. Ini akan membantu baik guru dan siswa untuk membuat segala jenis teks lebih mudah untuk dipahami.

Kata kunci: Peta Konsep, kerja kelompok, membaca, teks naratif.

 

Abstract

There are four skills that are included in English language, such as writing, listening, speaking, and reading. Through reading, students can get more information that they need during their lives. There are so many methods that can be used for teachers to teach reading and also to help the students improve their reading skills, such as using mind mapping with group working.

This study is qualitative descriptive research, the purposes of the research are to find out how the application of mind mapping with group working in reading narrative text, to determine students' response toward mind mapping with group working, and also the students' response toward group working. The subjects were ninth grade students of SMPN 50 Surabaya which consists of 37 IX-C students. Subject taken based on the highest average score among the class of 9A-C in that suggested by the English teacher. For the research instrument, the researcher uses, observation checklists, field notes and questionnaires.

Researcher found that mind mapping with group working fairly easy to improve students' ability in reading skills. Teach reading by using mind mapping with group working into a new method for students during the meeting. The students said that this method is better than the usual method that they use in the classroom. It will help both teachers and students to make any kind of text easier to understand.

Keywords: Concept Maps, group work, reading, narrative text.  

 

Published
2014-07-08
How to Cite
ARIWANGI, T. (2014). The Implementation of Group Working in Teaching Reading  Narrative Text for Nine Graders of SMP Negeri 50 Surabaya. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/8482
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 23