The Effectiveness of Personal Photographs As Media to Enhance The Writing Ability of Descriptive Text of The Seventh Graders

  • L ROHMAH YUNITA

Abstract

Abstrak

Menulis adalah salah satu keterampilan penting dalam mempelajari bahasa inggris yang harus dipelajari dan dipahami oleh siswa. Dalam hal ini siswa diharuskan untuk memahami struktur teks dan fitur bahasa, sehingga apa yang sudah mereka tulis dapat dipahami oleh seluruh pembaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menemukan perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar menggunakan media Personal Photographs dengan siswa yang tidak menggunakan media tersebut sebagai media pembelajaran di SMP Negeri 2 Kota Madiun dalam menulis teks deskriptif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimental dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes, dengan menguji dua kelompok sebelum dan sesudah pemberian tritmen pada kelompok eksperimental dan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan tritmen, yang kemudian diperbandingkan hasilnya antara dua kelompok tersebut (kelompok kontrol dan eksperimental). Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan yang signifikan terhadap siswa kelompok eksperimental setelah peneliti menerapkan Personal Photographs sebagai media dalam penulisan teks deskriptif dengan nilai perbedaan (.52) dimana perbedaan ini sangat besar dibandingkan siswa kelompok kontrol yang tidak menggunakan Personal Photographs sebagai media penulisan teks deskriptif. Hal ini juga bisa dilihat dari uji analisis Independent Sample t-test pada SPSS 16.00 yang menunjukkan bahwa kelompok kontrol memiliki nilai rata-rata sebesar 77.38, sedangkan kelompok eksperimental memiliki nilai rata-rata sebesar 84.58 dengan nilai Sig (2-tailed) .000.

Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Personal Photographs, Teks Deskriptif.

 

Abstract

Writing is one of the important skills in learning English which is to be learnt and understood by the students. Here, the students are required to understand the generic structures and language features of the text; however what they have written can be understood by all readers. The purpose of this study is to find out the significant differences between seventh graders who are taught by using personal photographs as a media and those who are not in SMP Negeri 2 Kota Madiun in writing descriptive text. This research was an experimental research and the instrument which was used in this research is a test, by testing two groups before and after administering treatments in the experimental group and control group who are not gotten treatments, then the results was compared between the two groups (control and experimental groups). The results of this study show that there is significant difference in the experimental group students after the researcher applied personal photographs as a media in writing descriptive text with the magnitude of difference (.52) that indicates a very large effect than the control group who are not taught by using personal photographs as a media in writing descriptive text. It can also be seen from the analysis of independent sample t-test on SPSS 16.00 which indicates that the control group had a mean score of 77.38, while the experimental group had a mean score of 84.58 with the Sig (2-tailed) .000.

Keywords: Writing Skill, Personal Photographs, Descriptive Text.  

 

 

 

 

Published
2014-08-11
How to Cite
ROHMAH YUNITA, L. (2014). The Effectiveness of Personal Photographs As Media to Enhance The Writing Ability of Descriptive Text of The Seventh Graders. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/8725
Abstract Views: 33
PDF Downloads: 125