STUDENTS AND TEACHERS’ PERCEPTION ON EFFECTIVE CHARACTERISTICS OF ENGLISH TEACHER IN SMP AL-FALAH DELTASARI - SIDOARJO

  • LAILA ROBIATUS S.

Abstract

Abstrak

Karakteristik guru menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar, guru memegang peran penting di dalam kelas. Guru memiliki tugas untuk mendesain semua aktivitas di dalam kelas yang sesuai tujuan pembelajaran dalam kurikulum. Guru juga mempunyai peran penting untuk memotivasi siswa agar menguasai pelajaran. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan karakter guru bahasa inggris yang efektif sebagai penunjang untuk proses belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui persepsi siswa tentang karakter guru bahas inggris yang efektif di SMP Al-Falah Deltasari, (2) mengetahui persepsi guru tentang karakter guru bahasa inggris yang efektif di SMP Al-Falah Deltasari, (3) membandingkan persepsi siswa dan guru tentang karakter guru bahas inggris yang efektif di SMP Al-Falah Deltasari. Deskriptif kuantitatif berdasarkan penelitian survey digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo. Melibatkan lima puluh siswa dan empat guru bahasa inggris sebagai sampel penelitian. Kuisioner digunakan untuk pengumpulan data sebagai instrumen penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa sis lebih menekankan pada kualitas kompetensi guru sebagai efektif karakteristik untuk dimiliki seorang guru bahasa inggris. Akan tetapi, memiliki kepribadian yang bagus juga dipertimbangkan oleh siswa untuk dimiliki seorang guru bahasa inggris yang efektif. Sedangkan para guru mengatakan baik kepribadian yang bagus dan kompetensi yang bagus harus dimiliki oleh seorang guru bahasa inggris yang efektif. Nilai dari chi-square menunjukkan 12p"> = 4.1843, yang lebih besar dari 12p">  = .05. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara persepsi siswa dan persepsi guru tentang guru bahasa inggris yang efektif di SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo.

 

Kata kunci: persepsi, efektif karakteristik.

 

Abstract

Teacher characteristics become one of factors affecting teaching and learning processes, teacher plays an important role in the classroom. Teacher has a duty to design all activities in the classroom that meet the objectives of curriculum. He also has a big role in motivating students to acquire the subject. Thus, it is important to consider the effective characteristics of English teacher as a booster for students’ learning processes. The purpose of this research are (1) to find out students’ perception on effective characteristics of English teacher in SMP Al- Falah Deltasari, (2) to find out teachers’ perception on effective characteristics of English teacher in SMP Al- Falah Deltasari, and (3) to compare students’ and teachers’ perception on effective characteristics of English teacher in SMP Al- Falah Deltasari. Descriptive quantitative design based on survey research was used in this research. The location of this research is in SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo. It involves fifty students and four teachers as the sample. Questionnaire was administered as the instrument in collecting the data. The result of the data analysis found that the students more emphasize to the quality of competence as the effective characteristic to be had by an English teacher. However, having good personal also considered by the students to be had by an effective English teacher. Whereas, teacher said both good personal and good competence must be had by an effective English teacher. The chi-square value shows 12p"> = 4.1843, it goes above 12p">  = .05. Thus, there is no significant difference in the students and teachers’ perception on effective characteristics of English teacher in SMP Al-Falah Deltasari Sidoarjo.

 

Keywords: perception, effective characteristic.

 

 

Published
2014-08-13
How to Cite
ROBIATUS S., L. (2014). STUDENTS AND TEACHERS’ PERCEPTION ON EFFECTIVE CHARACTERISTICS OF ENGLISH TEACHER IN SMP AL-FALAH DELTASARI - SIDOARJO. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/8785
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 38