The Implementation of Stay and Stray Technique in Teaching Writing Hortatory exposition Text to Eleventh Graders of SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya

  • AHMAD MARZUKI

Abstract

ABSTRAK

                Menulis adalah aktivitas berpikir dalam menemukan ide, pikiran tentang bagaimana mengekspresikan dan mengorganisasikanya menjadi kalimat dan paragraf sehingga tulisan tersebut menjadi lebih jelas bagi para pembaca (Nunan. 1991:88). Sebagian besar siswa berpendapat bahwa menulis itu sulit untuk dilakukan. Mereka tidak tahu apa yang harus ditulis, bagaimana memulai, dan bagaimana mengorganisasikan ide dalam bentuk informasi tertulis. Sementara itu, guru sering merasa apa yang ia ajarkan kemarin dilupakan pada hari ini dan mungkin apa yang ia ajarkan pada hari ini akan dilupakan pada esok hari, karena siswa merasa pelajaran hanya terbatas pada seputar kelas dan tidak pada isu yang sebenarnya terjadi. Oleh karena itu, guru harus membenahi motivasi siswa untuk menulis disamping juga memilih kegiatan yang menarik untuk dilakukan siswa.

                Stay and Stray  adalah salah satu jenis teknik pembelajaran kerjasama yang menekankan pada kelompok siswa untuk berbagi informasi dengan kelompok lain didalam kelas (Kagan, 2006:192). Penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan penerapan teknik Stay and Stray dalam pengajaran menulis teks hortatory exposition, respon siswa terhadap teknik pembelajaran Stay and Stray dan hasil tugas menulis siswa.

                Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan siswa kelas sebelas SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya sebagai subyek penelitian. Selain itu, peneliti menggunakan beberapa instrumen penelitian untuk mengumpulkan data dalam melakukan pengamatan seperti field note dan checklist untuk menggambarkan penerapan teknik Stay and Stray untuk mengajar teks hortatory exposition, questionnaire untuk mengetahui respon siswa dan tugas menulis teks hortatory exposition untuk menggambarkan hasil kerja siswa.

                Peneliti kemudian menganalisis data setelah semua data tersebut terkumpul. Berdasarkan hasil pengamatan, ia menemukan tiga hasil. Hasil pertama yaitu guru menerapkan teknik pengajaran Stay and Stray dengan tepat. Siswa bekerja berkelompok, saling tukar informasi, menulis teks, memberi dan menerima feedback dan memperbaiki teks hortatory exposition sebagai hasil ahir tulisan siswa. Hasil kedua yaitu respon siswa terhadap teknik pembelajaran Stay and Stray yang menghasilkan respon positif, mereka merasa senang dan termotivasi. Hasil ketiga yaitu hasil tugas menulis siswa yang dianalisis dengan menggunakan ESL composition profile oleh Jacob yang meliputi isi, organisasi, penggunaan bahasa, kosakata dan mekanisme yang menyatakan bahwa sebagian besar siswa bisa menulis teks hortatory exposition dengan hasil yang bagus.

                Berdasarkan penjelasan diatas, teknik pengajaran Stay and Stray bisa diaplikasikan untuk mengajar menulis teks hortatory exposition di Sekolah Menengah Atas. Teknik ini juga bisa merangsang motivasi siswa untuk menulis.

 

Kata kunci: Menulis, teknik Stay and Stray, teks hortatory exposition, kelas sebelas, respon siswa.

 

 

ABSTRACT

Writing is the mental work of inventing ideas, thinking of how to express them, and organizing them into statements and paragraphs until they are clearer to the readers (Nunan.1991:88). Mostly, the students assume that writing is difficult to do. They do not know what to write about, how to start, and how to organize the idea into written information. Meanwhile, the teacher often feels what he or she taught yesterday is forgotten today, and it could be what he or she teaches today will be forgotten tomorrow, because the students feel the lesson is limited only in the class room and not in the real issue. Therefore, the teacher should maintain the students’ motivation besides choose an interesting writing activity to the students.

Stay and Stray is one type of cooperative learning technique which emphasizes group of students share with other groups in a classroom (Kagan in Steven, 2006:192). This research is aimed to describe the implementation of Stay and Stray Technique in teaching writing hortatory exposition text, the students’ responses towards Stay and Stray technique, and the students’ writing task results.

                The researcher used descriptive research and the eleventh graders of SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya as the subjects of his observation. Moreover, this researcher used some research instruments to gain the data in doing observation such as field note and checklist to describe the implementation of Stay and Stray Technique to teach writing hortatory exposition text; questionnaire to know the students’ response, and hortatory exposition writing tasks to describe the students’ task results.

                The researcher analyzed the data after collecting them. Based on the observation, he found three results. The first result was the teacher implemented Stay and Stray technique appropriately. The students worked in group, shared the information, wrote the text, gave and received feedback and edited hortatory exposition text as final writing task results. The second result was the students’ responses toward Stay and Stray technique  and  it  resulted positive responses; and the third result was the students’ writing task results that was analyzed by using ESL composition profile by Jacob that includes content, organization, language use, vocabulary, and mechanism; most of students could write hortatory exposition text in good results

                Based on the explanation, Stay and Stray technique could be used to teach writing hortatory exposition text in senior high school. It could also used to engage the students motivation to write.

 

Keywords: Writing, Stay and Stray technique, hortatory exposition text, eleventh graders,      students’ response.

Published
2014-08-19
How to Cite
MARZUKI, A. (2014). The Implementation of Stay and Stray Technique in Teaching Writing Hortatory exposition Text to Eleventh Graders of SMA Unggulan Amanatul Ummah Surabaya. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/9026
Abstract Views: 42
PDF Downloads: 51