TEACHING READING HORTATORY EXPOSITION TEXT BY USING COLLABORATIVE LEARNING TO ELEVEN GRADERS OF MAN SURABAYA

Authors

  • MUHAMMAD ANDRI LUKYANTO

Abstract

Abstrak

 

                Penelitian ini difokuskan kepada implementasi dari Pembelajaran Kolaboratif didalam pengajaran membaca teks Eksposisi Hortatory. Dan, tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan penjelasan dan interpretasi tentang pengajaran membaca teks Eksposisi Hortatory melalui Pembelajaran Kolaboratif kepada para siswa. Penjelasan meliputi: (1) Bagaimana implementasi Pembelajaran Kolaboratif didalam pengajaran membaca teks Eksposisi Hortatory kepada kelas 11 di MAN Surabaya, dan (2) Bagaimana respon para siswa terhadap implementasi Pembelajaran Kolaboratif didalam pengajaran membaca teks Eksposisi Hortatory kepada kelas 11 di MAN Surabaya. Penulis mengaplikasikan penelitian kualitatif dan menggunakan 2 instrumen penelitian, yaitu: lembar observasi dan angket. Dan, penulis menggunakan 3 langkah cara untuk menganalisis dan menginterpretasi data, yaitu: reduksi data, sajian data, dan verifikasi.

                Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran Kolaboratif ini membuat para siswa dapat mengembangkan lebih baik antara kognisi dan pikiran kritis daripda mereka belajar secara individual. Kemudian, para siswa dapat membagi ilmu pengetahuan bersama untuk mengoreksi kesalahan informasi atau mungkin menambahkan agar menjadi lebih baik. Dengan Pembelajaran Kolaboratif, para siswa dapat mengeksplorasi pemahaman yang dimana dapat membantunya didalam proses belajar-mengajar. Disamping itu, para siswa menjadi lebih bertanggung jawab terhadap apa yang dilakukan didalam maupun diluar kelas. Oleh karena itu, para siswa sangat menikmati dan antusias dengan guru yang dimana menggunakan teknik Pembelajaran Kolaboratif ini untuk mengajar mereka.    

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kolaboratif, Lembar Observasi, Angket, Sajian Data, Reduksi Data  

 

 

Abstract

 

This research focuses on the implementation of Collaborative Learning in teaching reading Hortatory Exposition text. And, the purpose of this research is to give the explanation and interpretation about teaching reading Hortatory Exposition text through Collaborative Learning to the students. The description includes: (1) How is the implementation of Collaborative Learning in teaching reading Hortatory Exposition text to the eleven graders of MAN Surabaya, and (2) How are the students’ responses toward the implementation of Collaborative Learning in teaching reading Hortatory Exposition text to eleven graders of MAN Surabaya. The writer applies qualitative research and uses 2 research instruments, they are: observation sheet and questionnaire. And, the writer uses 3 steps to analyze and interpret data, they are: data reduction, data display, and verification.

The result of this research shows that Collaborative Learning make the students can improve the cognitive and critical thinking better than they work individually. Then, the students can share the knowledge together to correct the wrong information or maybe add the information to make it better. By Collaborative Learning, the students can explore their own understanding which can help them in the teaching-learning process. Beside that, the students become more responsible of what they do inside and outside the classroom. Therefore, the students are very enjoy and enthusiastic with the teacher who uses Collaborative Learning to teach them.  

 

Key Words: Collaborative Learning, Observation Sheet, Questionnaire, Data Display, Data Reduction

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2014-10-30

How to Cite

ANDRI LUKYANTO, M. (2014). TEACHING READING HORTATORY EXPOSITION TEXT BY USING COLLABORATIVE LEARNING TO ELEVEN GRADERS OF MAN SURABAYA. RETAIN : Journal of Research in English Language Teaching, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/retain/article/view/9854
Abstract views: 52 , PDF Downloads: 69