TINJAUAN HARMONI PADA KARYA MUSIK “TRUE LOVE OF FAMILY”

  • DIANY REZZADITA LAILIA
  • BUDI DHARMAWANPUTRA

Abstract

Karya musik yang berjudul “True Love of Family” adalah suatu ungkapan rasa syukur penulis yang dituangkan dalam bentuk komposisi musik. Karya ini dilatarbelakangi oleh rasa cinta yang begitu besar yang dirasakan penulis kepada keluarganya dan merupakan gambaran dari pengalaman-pengalaman kehidupan dalam keluarga yang dilalui penulis. Metode yang dipakai dalam mengkaji adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan ilmu bentuk analisis musik.
Dari hasil pengkajian maka dapat disimpulkan bahwa karya musik ini memiliki bentuk lagu tiga bagian kompleks atau tiga bagian besar yaitu Ak (A kompleks), Bk (B kompleks), Ck (C kompleks). Durasi karya “True Love of Family” adalah 7 menit 4 detik dengan total birama 133 birama. Pada bagian pertama lagu dimainkan dengan tangga nada D mayor, sukat 4/4 dan dimainkan dengan tempo maestoso, kemudian terdapat perubahan tangga nada menjadi E mayor, sukat menjadi ¾ dan tempo menjadi allegro, andante, dan lento.
Pada setiap bagiannya memiliki struktur dan terdapat kalimat-kalimat melodi dari Kalimat A sampai dengan Kalimat F. Sedangkan tinjauan harmoni pada karya musik ini ditinjau dari empat komponen yaitu, progress akord, harmoni terbuka, harmoni tertutup, kadens, dan modulasi. Harmonisasi terlihat pada komponen akord yang dijelaskan pada setiap biramanya.
Dari hasil pengkajian ini dapat diketahui bahwa pada karya musik ini, progress akord didominasi oleh akord primer dan sekunder. Bentuk harmoni didominasi oleh harmoni terbuka. Karya musik ini menggunakan tiga jenis kadens yaitu kadens sempurna, kadens sisipan, dan kadens pintas, sedangkan modulasi pada karya ini dibuat sesederhana mungkin agar tidak menimbulkan kesan yang rumit.

Kata Kunci : Tinjauan Harmoni, Komposisi Musik
Published
2018-07-13
How to Cite
REZZADITA LAILIA, D., & DHARMAWANPUTRA, B. (2018). TINJAUAN HARMONI PADA KARYA MUSIK “TRUE LOVE OF FAMILY”. Solah, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/24087
Section
Articles
Abstract Views: 112
PDF Downloads: 267