PENERAPAN STRUKTUR BENTUK LAGU TIGA BAGIAN KOMPLEKS PADA KARYA PADUAN SUARA MEPE KASUR

  • OTNIEL DWIRIKO YANUAR ANDRIAN
  • BUDI DHARMAWANPUTRA

Abstract

Mepe Kasur adalah sebuah tradisi di Desa Kemiren, Banyuwangi, yang mana kegiatan menjemur kasur ini dilakukan serentak oleh seluruh warga desa dan dilakukan tiap satu tahun sekali dalam rangkaian acara bersih desa. Suasana damai dan juga semangat warga Kemiren dalam menyambut tradisi inilah yang menjadi inspirasi dalam pembuatan karya Mepe Kasur
Karya Mepe Kasur ini akan dikaji bentuk dan strukturnya oleh komposer. Metode yang dipakai dalam mengkaji adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan ilmu bentuk musik.
Dari hasil pengkajian maka dapat disimpulkan bahwa karya Mepe Kasur memiliki bentuk lagu tiga bagian kompleks yaitu terdiri dari bagian A kompleks (Ak), B kompleks (Bk), dan C kompleks (Ck). Bagian A kompleks terdiri dari pengantar, kalimat A, kalimat A’, bridge 1, dan kalimat B. Kalimat B kompleks terdiri dari kalimat C, bridge 2, kalimat D, dan kalimat E. Kalimat C kompleks terdiri dari bridge 3, kalimat F, bridge 4, kalimat B’, bridge 5, kalimat F’, dan Ending.
Durasi komposisi Mepe Kasur adalah 5 menit 2 detik dengan total birama 154 birama. Bagian A kompleks (Ak) dimainkan dengan tangga nada C minor, sukat 3/4 menggunakan tempo Andante (MM=78) dan Allegro (MM=136). Bagian B kompleks (Bk) dimainkan dengan tangga nada A minor, sukat 4/4 menggunakan tempo Adagio (MM=64) dan Allegretto (MM=110). Terakhir bagian C kompleks (Ck) dimainkan dengan tangga nada A minor, sukat 2/4 dan ¾ menggunakan tempo Allegro (MM=136).

Kata Kunci: Bentuk lagu, a cappella, Mepe kasur.

Published
2018-07-13
How to Cite
DWIRIKO YANUAR ANDRIAN, O., & DHARMAWANPUTRA, B. (2018). PENERAPAN STRUKTUR BENTUK LAGU TIGA BAGIAN KOMPLEKS PADA KARYA PADUAN SUARA MEPE KASUR. Solah, 8(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/24089
Section
Articles
Abstract Views: 75
PDF Downloads: 686