METODE LATIHAN PADUAN SUARA SMASA CHOIR BLITAR DALAM RANGKA LOMBA PADUAN SUARA UNIVERSITAS AIRLANGGA 2018

  • DEBORA WATI PUTRI
  • BUDI DHARMAWANPUTRA

Abstract

Smasa Choir Blitar merupakan tim paduan suara yang berhasil menorehkan pengalaman dan prestasi dengan membawakan lagu Podho Nginang aransemen Yanu Kristiono sejak tahun 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang perencanaan latihan dan metode latihan paduan suara Smasa Choir Blitar dalam mengikuti kompetisi LPSUA 2018. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Objek penelitian yaitu metode latihan yang diterapkan Smasa Choir Blitar, dan subjek penelitian yaitu Tim Paduan Suara Smasa Choir Blitar. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dengan pelatih dan anggota, serta dokumen dari Smasa Choir Blitar. Latihan untuk LPSUA 2018 ini Smasa Choir memiliki perencanaan latihan yang didalamnya terdapat perencanaan latihan fisik, latihan vokal, latihan pendengaran dan latihan vokal. Latihan tesebut untuk memaksimalkan dalam membawakan lagu Podho Nginang sampai tahap perform. Smasa Choir Blitar menerapkan tiga metode latihan yaitu: Metode Linear dengan tahapan pemanasan fisik, latihan pernapasan, pemanasan vokal, latihan intonasi, membaca notasi, latihan artikulasi dan dinamika, ekpsresi serta interpretasi hingga koreografi. Metode Latihan Bersama Teman dimana setelah latihan secara individu, anggota melakukan latihan persektor jenis suara kemudian latihan bersama satu tim. Metode Drill merupakan latihan lagu secara berulang-ulang, baik bagian sulit, keseluruhan maupun koreografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penerapan metode latihan yang digunakan dalam berlatih lagu Podho Nginang efektif dan menunjukkan hasil yang baik.
Kata Kunci: Paduan Suara, Metode Latihan.
Published
2018-09-21
How to Cite
WATI PUTRI, D., & DHARMAWANPUTRA, B. (2018). METODE LATIHAN PADUAN SUARA SMASA CHOIR BLITAR DALAM RANGKA LOMBA PADUAN SUARA UNIVERSITAS AIRLANGGA 2018. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 6(1). https://doi.org/10.26740/jps.v6n1.p%p
Section
Articles
Abstract Views: 154
PDF Downloads: 237