PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL DANGDUT DI PUNTADEWA MUSIK TRENGGALEK

Authors

  • Gustin Arviana Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Dharmawanputra Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v10n1.p68-81

Keywords:

teknik vokal dangdut, pendidikan nonformal, metode

Abstract

Puntadewa Musik merupakan lembaga pendidikan non formal yang mewadahi minat dan bakat peserta didiknya dalam bidang musik. Salah satu kegiatan pembelajaran yang menarik untuk diteliti ialah pembelajaran teknik vokal dangdut. Pembelajaran oleh guru di Puntadewa Musik berlangsung menggunakan metode  demonstrasi, imitasi dan drill.  Rumusan masalah dalam penelitian diantaranya ialah: 1) Bagaimana ketersediaan komponen pembelajaran yang terdapat di Puntadewa Musik Trenggalek? 2) Bagaimana metode pembelajaran teknik vokal dangdut di Puntadewa Musik Trenggalek? 3) Bagaimana hasil dari Pembelajaran Teknik Vokal Dangdut di Puntadewa Musik Trenggalek? Pada penelitian kualitatif ini, memiliki sasaran penelitian yaitu guru dan siswa yang mempelajari teknik vokal dangdut di Puntadewa Musik Trenggalek dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa komponen pembelajaran yang ada di Puntadewa Musik sudah memenuhi kriteria standar kelayakan untuk melakukan proses pembelajaran. Strategi guru dalam menerapkan metode pembelajaran demonstrasi, imitasi dan drill pada pembelajaran merupakan langkah yang efektif karena hanya dalam 4 pertemuan siswa dapat menguasai lagu materi sesuai dengan semua aspek teknik vokal dangdut diantaranya pitch, dinamika, artikulasi dan cengkok. Hasil pembelajaran di Puntadewa Musik dinilai oleh guru secara bertahap di setiap pertemuan supaya siswa mengetahui perkembangan dan perbaikannya. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-01-10

How to Cite

Putri, G. A., & Dharmawanputra, B. (2021). PEMBELAJARAN TEKNIK VOKAL DANGDUT DI PUNTADEWA MUSIK TRENGGALEK. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(1), 68–81. https://doi.org/10.26740/jps.v10n1.p68-81

Issue

Section

Articles
Abstract views: 347 , PDF Downloads: 2072