METODE PEMBELAJARAN PADUAN SUARA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO

Authors

  • Anita Dwifalah Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Dharmawanputra Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v9n2.p140-153

Keywords:

Metode Pembelajaran, Paduan Suara

Abstract

Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor keberhasilan suatu tim paduan suara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pembelajaran lagu Bubuy Bulan pada Paduan Suara SMAN 1 Sooko Mojokerto disertai hasil belajarnya. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kualitatif yang datanya berupa deskripsi metode pembelajaran dan hasil pembelajaran lagu Bubuy Bulan pada paduan suara SMAN 1 Sooko Mojokerto. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Validitas data meggunakan tiga cara yaitu triangulasi sumber data, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran paduan suara terdapat perencanaan pembelajaran paduan suara yaitu menentukan tujuan pembelajaran, menyiapkan materi lagu, menyediakan sarana prasarana pembelajaran, penggunaan metode pembelajaran, evaluasi. Kegiatan pembelajaran terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Pelatih paduan suara  menerapkan metode pembelajaran inkuiri, kooperatif, tanya-jawab, demonstrasi dan drill. Pada setiap pertemuan pembelajaran, pelatih menggunakan lebih dari satu metode. Hasil pembelajaran, terdapat peningkatan kompetensi siswa pada aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Metode yang diterapkan efektif karena mempermudah siswa dalam menguasai lagu Bubuy Bulan dan proses pembelajaran dilakukan dalam waktu yang relatif singkat sesuai dengan target pembelajaran yang ingin dicapai.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-08-18

How to Cite

Dwifalah, A., & Dharmawanputra, B. (2020). METODE PEMBELAJARAN PADUAN SUARA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(2), 140–153. https://doi.org/10.26740/jps.v9n2.p140-153

Issue

Section

Articles
Abstract views: 207 , PDF Downloads: 1445