PEMBELAJARAN TARI REMO MELALUI METODE DRILL AND PRACTICE PADA EKSTRAKURIKULER TARI DI SMPN 43 SURABAYA

  • Kartika Kandha Devyanti Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Metode Drill and Practice, Pembelajaran Tari, SMPN 43 Surabaya, Remo Bolet, Ekstrakurikuler

Abstract

Pembelajaran Tari pada SMPN 43 Surabaya masuk kedalam ekstrakurikuler. Hal yang menarik dalam penelitian ini adalah pembahasan mengenai pembelajaran tari yang pada umumnya menggunakan metode drill namun pada pembelajaran ini telah menggunakan metode Drill and Practice. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagaiamana pembelajaran tari dengan metode Drill and Practice pada ekstrakulikuler tari di SMPN 43 Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan metode analisis data menurut Moleong, dengan Teknik pengupulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Manfaat dari metode Drill and Practice ini peserta didik dapat mengembangkan kemampuan dengan baik menggunakan cara melihat dan mendengarkan audio serta juga dapat melatih kemampuan sensorik dan motoric anak yang berpengaruh baik dalam kemampuan keterampilan anak dengan harapan  meningkatkan rasa percaya diri, melatih kemampuan anak dalam seni Tari. Pendekatan yang dapat dilakukan yaitu dengan cara pendekatan secara individual dan kelompok dengan tujuan dapat mengetahui tingkat kelemahan serta kelebihan peserta didik dalam menangkap pembelajaran. Hal ini juga dapat melatih keterampilan peserta didik serta pembiasaan mereka dalam seni Tari, dapat melatih diri tentang pengaturan emosi, kesabaran, keharmonisan gerak serta kepekaan rasa terhadap seni tari. Serta manfaat dalam penelitian ini dapat sebagai reverensi bagi pembaca mengenai penerapan metode Drll and Practice dalam pembelajaran tari. Hasil dari penelitian pembelajaran tari menggunakan metode Drill and Practice ini peserta didik lebih mudah mempelajari materi tari yang disampaikan oleh guru. Dalam metode ini juga peserta didik lebih dapat mengekspresikan diri mereka dengan leluasa. Peserta didik juga semakin aktif dalam mengembangkan kemampuan mereka. Kesimpulan Metode Drill and Practice dalam pembelajaran Tari Remo Bolet di SMPN 43 Surabaya berjalan dengan efektif dan bekembang dengan baik. Selain dalam hal ini, metode Drill and Practice juga dapat membuat peserta didik lebih cepat menangkap materi tari yang diajarkan oleh guru.

References

Aditya. (2013). Data dan Metode Pengumpulan Data Penelitian. Surakarta : Poltekkes Kemenkes Surakarta.
Ana, Mualimah, Henry Praherdhiono, dan Eka Pramono Adi. (2019). Pengembangan Kuis Interaktif Nahwu Sebagai Media Pembelajaran Drill And Practice Pada Pembelajaran Nahwu Di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Al-Ishlahiyah Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan.
Anitah, S. 2009. Teknologi Pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka
Aumurrahman. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Candra, Basukisna Setya (2014). Penerapan Model Pembelajaran Drll and Practice Terhadap Hasil Belajar Chest Pass Pada Permainnan Bola Basket. Surabaya : Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan Volume 02 Nomor 01 Tahun 2014, 141 - 145
Dimyati, Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Eggen, Pauldan Don Kauchak. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berfikir. Jakarta : Indeks.
Gagne, R.M. (1985). Essential Of Learning For Instruction. New York: Dryden Press.
Huda, Miftahul. (2013). Model – model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Moleong, L. J. 1995. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdyakarya
Pekerti, Widia, dkk. (2014). Metode Pengembangan Seni. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Rachayu, Imma, Septian Jauhariansyah, dan Erlinda Juwita. (2020). Pemanfaatan Metode Drill and Practice pada Sub Pokok Class Diagram Dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar. Jurnal Universitas Dehasen Bengkulu.
Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sagala, S. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Published
2022-06-16
How to Cite
Devyanti, K. (2022). PEMBELAJARAN TARI REMO MELALUI METODE DRILL AND PRACTICE PADA EKSTRAKURIKULER TARI DI SMPN 43 SURABAYA. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 61-75. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/46075
Section
Articles
Abstract Views: 665
PDF Downloads: 651