PEMBELAJARAN TARI REMO BOLET DENGAN METODE IMITASI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SANGGAR MULYOJOYO ENTERPRISE

  • Nanda Annisa Feryantari Perempuan
Keywords: metode imitasi, remo bolet, anak berkebutuhan khusus, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dan hasil belajar Tari Remo Bolet dengan metode imitasi pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sanggar Mulyojoyo Enterprise. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Pembelajaran dengan metode imitasi menggunakan konsep Dave Suyadi, dilakukan dengan cara anak memperhatikan perilaku pelatih dan menirukannya. Hasil penelitian menunjukkan ada 5 langkah dalam metode pembelajaran tari remo untuk ABK di MJE yaitu: 1) Awal; 2) Pengetahuan; 3) Pemahaman; 4) Penerapan; 5) Evaluasi. Hasil belajar Tari Remo Bolet menggunakan metode imitasi menunjukkan bahwa ABK dapat memahami aspek wirasa yang dapat dicapai melalui proses pembelajaran selama 2 tahun. metode imitasi efektif digunakan sebagai salah satu cara dalam menyampaikan materi pembelajaran Tari Remo Bolet kepada ABK. Melalui metode tersebut ABK mengalami peningkatan dalam hal keterampilan psikomotorik.

Published
2022-06-28
How to Cite
Feryantari, N. (2022). PEMBELAJARAN TARI REMO BOLET DENGAN METODE IMITASI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SANGGAR MULYOJOYO ENTERPRISE. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 93-104. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/46054
Section
Articles
Abstract Views: 236
PDF Downloads: 315