PENGARUH PENERAPAN GAYA BELAJAR AUDITORI MENDENGARKAN LAGU ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA USIA SEKOLAH DASAR

  • Dhani Febri Artanto Universitas Negeri Surabaya
Keywords: gaya belajar, lagu anak, hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pengaruh penerapan gaya belajar auditori mendengarkan lagu anak dari segi lirik dan melodi lagu terhadap hasil belajar siswa kelas 6 SD Negeri 2 Ngubalan Tulungagung.Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Metode yang dipakai dalam melakukan pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar,wawancara,observasi dan juga melalui angket penelitian.Sampel yang dipilih adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Ngubalan Kalidawir Tulungagung dengan jumlah sepuluh siswa dan teknik pemilihan sampel menggunakan random sampling.Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif,pengujian hipotesis dilakukan dengan cara uji t berpasangan (paired-sample T Test.Berdasarkan hasil penelitian,uji t menyatakan t hitung < t tabel sehingga H0 diterima dan juga Ha ditolak,kesimpulanya tidak ada perbedaan yang signifikan rata-rata yang didapatkan dari hasil belajar siswa antara sebelumĀ  (M = 73,5 SD 6,52) dan sesudah pemberian tindakan atau penerapan gaya belajar auditori mendengarkan lagu anak (M = 72,5 ,SD = 8,57),t(9) = 0,802 ,p = 0,44 ,d = 0,25.Hasil tersebut menunjukan bahwa pemberian tindakan atau penerapan gaya belajar auditori mendengarkan lagu anak berpengaruh kurang baik terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci : gaya belajar,lagu anak,hasil belajar

References

Banoe, Pono, 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Penerbit Kanisius.
Barbara, P. (2007). The Power of Learning Style. Bandung: Kaifa dan Terapeutik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.
DePorter, B dan Hernacki, M. (2010). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Dimyati dan Mudjiono, P. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djohan. Terapi Musik,Teori Dan Aplikasi. Yogyakarta: Galang Press,2006.
Endraswara, Suwardi. 2009. Metodologi Penelitian Folklor. Yogyakarta: Medpress
Gunawan S.G., 2007. Farmakologi dan terapi. Jakarta: Departemen Farmakologi
Halim, A. (2012). Pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar fisika siswa SMPN 2 Secanggang Kabupaten Langkat. Jurnal Tabularasa, 9(2), 141-158.
Halimah, L. 2016. Musik Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar. 2(2).
Hamalik, Oemar, 2007. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Hamzah B. Uno. (2006). Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Isnaini, I. D, (2013). Pengaruh Musik terhadap Kecerdasan Emosional Anak Kelompok A di TK Kartika IV-9 Surabaya. Fakultas ilmu pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.
Izzah, L. I. (2020). Pengaruh Mendengarkan Musik terhadap Mood Belajar pada Mahasiswa Manajemen Dakwah Uin Suska Riau. Nathiqiyyah, 3(1).
Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan media visual dalam menunjang pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Jurnal pendidikan jasmani indonesia, 3(1).
Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Rajawali Press.
Machlis, Joseph. 1984. The Enjoyment Of Music. W. W, Norton Company: New York.
Masnur Muslich.2014. Melaksanakan PTK itu mudah. Jakarta : Bumi Aksara.
Muhammad, 2011. Metode Penelitian Bahasa. Yogyakarta: Penerbit Ar-Ruzz Media.
Murtono, S., & Murwani, S. (2007). Seni Budaya dan Keterampilan Kelas 3 SD. Jakarta: Yudistira Ghalia Indonesia.
Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 2(2), 291-296.
Safii. (2011). PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI MELALUI METODE ACCELERATED LEARNING DI SMA NEGERI 1 SURABAYA (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).
Subyantoro dan Bambang Hartono. 2003. Pengembangan Kemampuan Berbahasa (Pembelajaran Keterampilan Mendengarkan, Berbicara, Membaca dan Menulis). Makalah disajikan pada Pelatihan Terintegrasi Berdasarkan Kurikulum Berbasis Kompetensi Tahun 2003.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta
William Wiersma, 1986. Research Methods in Education: An Introduction. Massasuchet : Allyn and Bacon Inc.
Published
2022-07-06
How to Cite
Artanto, D. (2022). PENGARUH PENERAPAN GAYA BELAJAR AUDITORI MENDENGARKAN LAGU ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA USIA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 180-195. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/47583
Section
Articles
Abstract Views: 340
PDF Downloads: 704