APRESIASI SISWA SMPN 2 SIDOARJO TERHADAP LAGU-LAGU WAJIB NASIONAL
Abstract
Lagu-lagu Wajib Nasional, saat ini kurang dikenal oleh siswa. Kemajuan teknologi tidak hanya membawa dampak baik, tetapi juga membawa dampak buruk bagi siswa. Kurangnya apresiasi siswa terhadap lagu-lagu wajib nasional, menjadikan fenomena ini menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan apresiasi siswa SMPN 2 Sidoarjo terhadap lagu-lagu wajib nasional. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data wawancara semi terstruktur, observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi. Apresiasi siswa SMPN 2 Sidoarjo terhadap lagu wajib nasional meliputi aspek pemahaman, penghayatan, dan penghargaan. Pemahaman siswa meliputi pengetahuan siswa tentang lagu wajib nasional, pemahaman siswa masih sebatas mengetahui lagu wajib nasional yang sering diputar saat jam istirahat. Penghayatan siswa terhadap lagu wajib nasional dilihat dari aktivitas siswa saat mendengarkan lagu yang diputarkan, siswa mendengarkan secara emosional. Penghargaan siswa terhadap lagu wajib nasional nampak dalam kemauan siswa dalam menghafal lirik lagu, menjadikan lagu wajib nasional sebagai materi kegiatan ekstrakurikuler, dan menampilkannya pada kegiatan lomba atau pentas seni.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Sendratasik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
PDF Downloads: 522