MOTIVASI DAN APRESIASI SISWA TERHADAP MUSIK KERONCONG DI SMAN 2 JOMBANG

  • Kharizma Saka Marta Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Apresiasi, Ekstrakurikuler Keroncong, Musik Keroncong

Abstract

Penelitian ini, berfokus pada motivasi yang mendorong peserta didik SMAN 2 Jombang mengikuti ekstrakurikuler keroncong dan apresiasi anggota ekstrakurikuler keroncong di SMAN 2 Jombang terhadap musik keroncong. Motivasi yang dimaksud ialah daya pendorong peserta didik SMAN 2 Jombang mengikuti ekstrakurikuler keroncong yang didasari oleh kemauan secara intrinsik dan ekstrinsik. Sedangkan apresiasi yang dimaksud ialah sikap anggota ekstrakurikuler keroncong SMAN 2 Jombang dalam memahami, menghayati dan menghargai musik keroncong. Untuk merumuskan pembahasan tersebut, dibutuhkan landasan kajian tentang unsur pembentuk musik yang terdiri dari irama, melodi, harmoni, bentuk atau unsur lagu yang dijadikan sebagai cara penilaian apresiasi tahap pemahaman dan penilaian anggota ekstrakurikuler. Kemudian juga diuji melalui pemahaman dan penilaian jenis musik keroncong, yang memiliki bentuk keroncong asli, langgam, stambul dan lagu ekstra. Adapun setelah rumusan pembahasan terbentuk berdasarkan tinjauan pustaka tersebut, dibutuhkan metode penelitian untuk menganalisis dan mendeskripsikan rumusan masalah yang telah ditetapkan. Metode tersebut, berlandaskan pada penelitian kualitatif deskriptif analitis, yaitu mendeskripsikan hasil penelitian berdasarkan proses pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan pengumpulan dokumen. Melalui tahapan proses penelitian tersebut, menuai hasil penelitian tentang: (1) motivasi mengikuti ekstrakurikuler keroncong, (2) pemahaman terhadap musik keroncong, (3) penilaian terhadap musik keroncong, (4) penghargaan terhadap musik keroncong.

Published
2021-05-10
How to Cite
Marta, K. (2021). MOTIVASI DAN APRESIASI SISWA TERHADAP MUSIK KERONCONG DI SMAN 2 JOMBANG. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(2), 151-171. https://doi.org/10.26740/jps.v10n2.p151-171
Section
Articles
Abstract Views: 324
PDF Downloads: 1365