FAKTOR-FAKTOR PENDORONG DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMPN 2 MENGANTI GRESIK

  • Prana Carenza Aditya Bagaskara Universitas Negeri Surabaya
  • Warih Handayaningrum Universitas Negeri Surabaya
Keywords: pembelajaran seni musik, media, metode, pengetahuan, keterampilan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor pendorong dalam pembelajaran seni musik di SMPN 2 Menganti Gresik dilihat dari faktor internal dan faktor eksternal. Seni musik dalam penelitian ini berarti segala yang berkaitan dengan kegiatan seni musik di sekolah, baik dalam pembelajaran mata pelajaran seni musik maupun kegiatan intrakurikuler seni musik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara terstruktur, observasi dan dokumentasi. Data primer dari informan (guru, wakil kepla sekolah dan pembina ekstrakurikuler music) dan sumber data sekunder bersumber dari silabus dan buku yang berhubungan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pendorong dalam pembelajaran seni musik di SMPN 2 Menganti Gresik yakni yang pertama adalah faktor budaya, faktor alumni, kegiatan ekstrakurikuler dan sarana prasarana. Terdapat pula faktor penghambat yang memengaruhi kondisi belajar seni musik siswa SMP Negeri 2 Gresik yakni kurangnya literasi untuk peljaran teori. Penguasaan materi siswa pada aspek keterampilan sangat ditentukan oleh faktor minat, bakat, rajin berlatih, disiplin, percaya diri dan mampu berkerja sama memberikan pengaruh terhadap hasil belajar pada aspek keterampilan.

References

Abror, Abd. Rachman. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Bandura, A. 1977. Self-efficacy: Toward a unifying theory of behavioral change. Psychological Review, 84.
Banoe, Pono. 2003. Kamus Musik. Yogyakarta: Kanisius.
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik dalam Interaktif Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2002. Strategi Belajar Mengaja. Jakarta: Rineka Cipta.
Gronlund dan Linn. 1990. Macam - Macam Tes Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hamzah, B Uno. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Hidayat, A. A. A. 2006. Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia: Aplikasi Konsep dan Proses Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.
Islamuddin, Haryu. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Izzaty, Rita Eka, dkk. 2008. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Miles, M.B & Huberman A.M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia.
Moleong Lexy J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Moleong, J, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 1990. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pambudi, Irwan. 2013. Identifikasi Faktor Kesulitan Pembelajaran Seni Budaya Di SMA Negeri 1 Tanjungsari. (Skripsi). Yogyakarta: UNY Yogyakarta.
Pramono, Yudi. 2012. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Siswa Terhadap Pelajaran Seni Musik di SMPN 1 Turi. (Skripsi). Yogyakarta: UNY Yogyakarta.
Purnomo, Hari. 2010. Pengantar Pengendalian Hayati. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Rakim, 2008. Desain Penelitian. Internet. Tersedia di: http://rakim- ypk.blogspot.com/2008/06/desain-penelitian.html. Diakses pada tanggal 20 Maret 2012.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Subagyo, Ahmad. 2010. Marketing In Business. Edisi pertama, cetakan pertama. Jakarta: Mitra Wacana Media
Sumaryanto F, Totok. 2007. Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif Dalam Penelitian Pendidikan Seni. Semarang: Unnes Press.
Surya, Mohamad.1999. Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Suryabrata. 1984. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Syah, Muhibbin. 2013. Psikologi Pendidikan, dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Yusuf, Syamsu. 2000. Psikologi Perkembangan anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Yusuf, Abidin. 2009. Guru dan Pembelajaran Bermutu. Bandung: Rifki.
Published
2023-01-30
How to Cite
Bagaskara, P., & Handayaningrum, W. (2023). FAKTOR-FAKTOR PENDORONG DALAM PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SMPN 2 MENGANTI GRESIK. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(2), 293-306. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/51082
Section
Articles
Abstract Views: 432
PDF Downloads: 361