PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN BANYUWANGI DI SD NEGERI KEPATIHAN BANYUWANGI

  • Samuel Bayu Wicaksono Universitas Negeri Surabaya
  • Warih Handayaningrum Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Karawitan Banyuwangi

Abstract

Siswa sebagai penerus bangsa negara ini tentunya harus mengenal dan mencintai budaya  Indonesia, sehingga memiliki rasa memiliki serta mengehargai, dengan demikian tumbuh kesadaran untuk mempertahankan dan menjaga kebudayaan bangsa sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran ekstrakurikuler Karawitan Banyuwangi di SD Negeri Kepatihan Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan pendeketan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data yang diambil pada penelitian yakni primer dan sekunder dengan data yang diambil dalam penelitian yaitu kepala sekolah, guru ekstrakurikuler Karawitan Banyuwangi, dan juga siswa. Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam proses pembelajaran Karawitan Banyuwani di SD Negeri Kepatihan Banyuwangi guru memberi prasyarat di awal semester dengan memberikan materi pengenalan gamelan serta refleksi di akhir semester. Pada kegiatan inti pembelajaran guru menggunakan strategi pembelajaran langsung dan interaktif yang proses pembelajaran berpusat pada guru pembimbing ekstrakurikuler. Hasil pembelajaran dilakukan dengan menggunakan evaluasi teknik tes dan non tes. Teknik evaluasi tersebut digunakan untuk mengambil nilai berupa penilaian sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Jurnal ini membahas lebih lanjut tentang bagaimana pembelajaran ekstrakurikuler karawitan Banyuwangi di SD Negeri Kepatihan Banyuwangi yang tidak semata-mata untuk pelestarian budaya bangsa, tetapi juga dari aspek psikologi anak untuk mengembangkan kreativitas sesuai usia.

Published
2021-01-19
How to Cite
Wicaksono, S., & Handayaningrum, W. (2021). PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KARAWITAN BANYUWANGI DI SD NEGERI KEPATIHAN BANYUWANGI. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(1), 93-108. https://doi.org/10.26740/jps.v10n1.p93-108
Section
Articles
Abstract Views: 324
PDF Downloads: 347