STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI PADA PESERTA DIDIK DISABILITAS RUNGU DI SMPLB NEGERI JEMBER

  • Adi Bagus Syahril Irawan Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Strategi Pembelajaran, Disabilitas Rungu, Seni Tari

Abstract

Upaya yang dilakukan guru dalam pembelajaran ekstrakurikuler seni tari pada peserta didik disabilitas rungu mempunyai strategi pembelajaran yang berbeda dengan strategi pembelajaran pada umumnya, sehingga peserta didik disabilitas rungu mampu menampilkan dan mengekspresikan dirinya melalui seni tari di hadapan umum. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam pembelajaran ekstrakurikuler seni tari pada peserta didik disabilitas rungu di SMPLB Negeri Jember. (2) Apa saja kendala yang dihadapi saat pembelajaran seni tari pada peserta didik disabilitas rungu di SMPLB Negeri Jember. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisis dan dikelompokkan menurut kriteria yang sudah ditentukan. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi, serta pengujian kredibilitas data menggunakan teknik triangulasi. Teori yang digunakan dalam pembelajaran ini menggunakan strategi pembelajaran langsung dan pembelajaran interaktif serta dalam berkomunikasi menggunakan pendekatan komunikasi total yang terdiri dari komunikasi oral, manual, dan aural.  Pelaksanaan pembelajaran ini mempuyai beberapa komponen yaitu tujuan, materi, media, proses pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Dengan menggunakan pendekatan komunikasi total dan dikombinasikan dengan kedua strategi tersebut, pembelajaran seni tari dapat memberikan suatu pembelajaran yang baik dan membuat peserta didik lebih percaya diri dengan kemampuannya.

References

Edi, Fandi Rosi Sarwo. 2016. Teori Wawancara Psikodiagnostik. Yogyakarta: PT Leutika Nouvalitera
Haudi. 2021. Strategi Pembelajaran. Sumatra Barat: Insan Cendekia Mandiri
Jazuli, M. 1994. Telaah Teoritis Seni Tari. Semarang: IKIP Semarang Press
Jazuli, M. 2008. Paradigma Kontekstual Pendidikan Seni. Semarang: Unesa University Press
Lisinus, Rafael dan Pastiria Sembiring. 2020. Sebuah Perspektif Bimbingan Dan Konseling Pembinaan Anak Berkebutuhan Khusus. Yayasan Kita Menulis
Lucky, Brenda Chintya. 2021. “Strategi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Bagi Anak Tunagrahita Di SDN Tandes Kidul 1/110 Surabaya”. Jurnal Pendidikan Sendratasik Vol 11 No 1. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya (https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/41631) diakses pada tanggal 25 April 2022
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Parama Ilmu
Prameswari, Noengki. 2020. Profil Penderita Tunarungu, Maloklusi Dan Kebutuhan Perawatan Ortodonsia. Surabaya: Airlangga University Press
Prasetyaningrum, Susanti dan Ni’matuzahroh. 2018. Observasi: Teori Dan Aplikasi Dalam Psikologi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang
Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Sanjaya, Wina.2008. Perencanaan Dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sari, Dewi Kartika dan Fatimah. 2018. “Strategi Belajar Dan Pembelajaran Dalam Meningkatkan Bahasa”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pena Literasi. Universitas Indraprasta PGRI. Universitas Muhammadiyah Jakarta (https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasi/article/download/3210/2754) diakses pada tanggal 20 Oktober 2021
Simatupang, Halim. 2019. Strategi Belajar Mengajar Abad Ke-21. Surabaya: CV. Cipta Media Edukasi
Sitompul, Tio Atnela. 2016. “Pembelajaran Musik Pada Siswa Tunagrahita Di SDLB Kemala Bhayangkari 2 Gresik”. Jurnal Pendidikan Sendratasik Vol 5 No 1. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya (https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/20996) diakses pada tanggal 5 November 2021
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suparno. 1997. Komunikasi Total. Yogyakarta: Institut Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Yogyakarta.
Sutikno, M.Sobry. 2021. Strategi Pembelajaran. Indramayu Jawa Barat: CV. Adanu Abimata.
Published
2022-07-06
How to Cite
Irawan, A. (2022). STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI PADA PESERTA DIDIK DISABILITAS RUNGU DI SMPLB NEGERI JEMBER. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1), 124-138. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-sendratasik/article/view/46439
Section
Articles
Abstract Views: 205
PDF Downloads: 574