STRATEGI PEMBELAJARAN SENI TARI PADA KEGIATAN EKSTRAKURIKULER DI SMK ANTARTIKA 2 SIDOARJO
DOI:
https://doi.org/10.26740/jps.v12n2.p357-367Kata Kunci:
Strategi Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Seni TariAbstrak
Strategi pembelajaran merupakan cara yang tidak sama untuk mencapai hasil belajar yang tidak sama pada keadaan yang tidak sama. Strategi pembelajaran dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu strategi pengorganisasian (organizational strategy), strategi penyampaian (delivery strategy), dan strategi pengelolaan (management strategy). Strategi pembelajaran seni tari pada kegiatan ekstrakurikuler di SMK Antartika 2 Sidoarjo telah berhasil meraih berbagai prestasi. Keberhasilan prestasi yang diraih pada pembelajaran ekstrakurikuler seni tari karena keberhasilan strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam pelaksanaan pembelajarannya. Untuk itu penelitian ini bertujuan mengkaji strategi pembelajaran yang digunakan dalam ekstrakurikuler seni tari di SMK Antartika 2 Sidoarjo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data dari guru dan peserta didik. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang digunakan guru dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler seni tari dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu strategi pengorganisasian dalam pembelajaran guru pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari memberikan berbagai macam materi tari mulai dari tarian dasar hingga tarian yang tingkatan levelnya tinggi, materi tersebut digunakan guru sebagai wadah dan bekal peserta didik agar peserta didik dapat menarikan berbagai macam tarian dengan mudah. Strategi penyampaian yang digunakan guru menggunakan metode ceramah untuk menyampaikan sinopsis dari materi tari yang akan dipelajari, guru menayangkan video melalui laptop, selanjutnya guru mempraktekkan gerak yang diikuti oleh peserta didik. Strategi pengelolaan yang digunakan guru dalam pelaksanaan pembelajaran pada kegiatan ekstrakurikuler seni tari menggunakan arah hadap yang berbeda dan play musik acak. Dari penggunaan strategi pembelajaran maka interaksi peserta didik menjadi baik, mandiri, dalam penyampaian materi tari peserta didik dapat memahami dengan jelas dan mudah diterima.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

