STRATEGI GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI DI SMP NEGERI 1 AMBULU JEMBER

  • Desi Rani Eka Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Noordiana Noordiana Universitas Negeri Surabaya

Abstract

SMP Negeri 1 Ambulu Jember merupakan sekolah di Kabupaten Jember yang di dalamnya terdapat Ekstrakurikuler Seni Tari dengan banyak prestasi. Hal tersebut dikarenakan strategi yang digunakan oleh Guru Seni Tari. Penelitian ini membahas rumusan diantaranya (1) Bagaimana strategi yang digunakan oleh Guru Ekstrakurikuler Seni Tari di SMP Negeri 1 Ambulu Jember. (2) Prestasi apa saja yang telah diraih oleh Ekstrakurikuler Seni Tari di SMP Negeri 1 Ambulu Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi, penyajian data dan simpulan. Validitas data yang digunakan yaitu triangulasi sumber. Peneliti menarik kesimpulan bahwa kegiatan Ekstrakurikuler tersebut dalam pelaksanaannya menggunakan Rencana Proses Pembelajaran (RPP) sebagai pedoman. Strategi pembelajaran yang digunakan yaitu strategi pembelajaran langsung dan interaktif. Dalam pelaksanaan pembelajaran terdapat beberapa unsur yaitu media, materi, proses, dan evaluasi pembelajaran. Proses pembelajaran meliputi kegiatan pra, awal, inti dan penutup. Dengan pelaksanaan dan strategi tersebut, Ekstrakurikuler Seni Tari di SMP Negeri 1 Ambulu Jember meraih banyak prestasi di bidang kesenian. Prestasi-prestasi tersebut meliputi prestasi di luar sekolah seperti meraih juara di festival maupun gelar seni budaya daerah dan kegiatan seni di sekolah seperti mengadakan dies natalis dengan menampilkan tari massal.

Kata Kunci: Strategi, pembelajaran, prestasi, Ekstrakurikuler Tari.

Published
2021-07-30
Section
Articles