METODE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN KARAWITAN DI SANGGAR KARAWITAN SETYO MANUNGGAL KABUPATEN MOJOKERTO

  • Indra Yohana Universitas Negeri Surabaya
  • Noordiana Noordiana Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Karawitan, Virtual Monitoring, Aplikasi Digital

Abstract

Perkembangan dunia digital di era sekarang sangatlah pesat. Salah satu aspek yang terpengaruh dari adanya perkembangan dunia digital sekarang adalah Seni. Seni yang dulu dikenal akan nilai tradisi dan kuatnya daya magis karena nilai leluhur yang sangat besar seketika berubah menjadi nilai modern yang menjangkau semua kalangan. Apalagi di era pandemi Covid-19 seperti sekarang, semua kebutuhan dan kegiatan dilakukan melalui digital yaitu virtual guna memutus rantai penyebaran virus. Musik adalah salah satunya. Di Sanggar Karawitan Setyo Manunggal adalah salah satu tempat musik tradisi khususnya Karawitan di Mojokerto yang berkembang. Dengan adanya perkembangan dunia digital dan menghindari penularan virus maka pembelajaran karawitan di sini dilakukan melalui saluran virtual dengan monitoring langsung melalui perangkat digital seperti laptop dan perlengkapan audio video lainnya. Untuk pengumpulan data dilakukan dengan wawancara secara online dan informasi yang diberikan berupa file atau tulisan lainnya dari pemilik sanggar dan sumber lainnya. Penilaian yang dilakukan melalui praktik langsung secara online diakhir pertemuan pembelajaran karena sistem yang digunakan yaitu 3 kali pertemuan untuk pembahasan materi dan praktik mandiri (Zoom&Aplikasi E-Gamelan) + satu kali praktik langsung. Untuk teknik analisis data dilakukan secara kompleks dengan mengumpulkan data sebanyak banyaknya kemudian menyaringnya untuk dipilih sesuai kebutuhan kemudian disajikan dengan simpulan terakhir.

References

Bagus Adi Baskara, Ida. 2016. Proses Pembelajaran Seni Karawitan Di Sekolah Dasar Negeri 1 Wanasari Tabanan. Denpasar: ISI Denpasar
Fatmawati. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Tari) Di Kelas VIII SMP Negeri 1 Wonomulyo. Makassar: Universitas Negeri Makassar
Hernawan, A. B. 2013. Pengaruh Partisipasi Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kreativitas Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Jakarta
Hisyam, Zaini. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri
Made, Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Martopangrawit. 1975. Pengetahuan Karawitan I. Surakarta: ASKI Surakarta
https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu/article/view/825 diakses pada tanggal 15 Mei 2021
Miles, M.B. & Huberman, A.M. 1992. Analisa Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press
Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Setiawan, Aris. 2013. Konfigurasi Karawitan Jawatimuran. Gelar/ : Jurnal Seni Budaya 11 (1): 1-14. https://doi.org/10.33153/GLR.V11I1.1427.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Published
2023-05-22
How to Cite
Yohana, I., & Noordiana, N. (2023). METODE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN KARAWITAN DI SANGGAR KARAWITAN SETYO MANUNGGAL KABUPATEN MOJOKERTO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(2), 384-393. https://doi.org/10.26740/jps.v12n1.p18-30
Section
Articles
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 43