KONSER VIRTUAL SEBAGAI TEKNIK PEMASARAN DALAM KURSUS MUSIK GRACIA KEDIRI

  • Margareta Likisa Medy Universitas Negeri Surabaya
  • Warih Handayaningrum Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Konser Virtual, Pemasaran, Kursus Musik

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan dampak buruk terhadap pembelajaran pada lembaga kursus musik, yaitu penurunan jumlah siswa. Kursus musik Gracia merupakan lembaga non-formal yang memanfaatkan kemajuan teknologi dalam bentuk konser virtual melalui media youtube maupun instagram. Subjek penelitian terdiri dari pemilik kursus, karyawan, wali murid siswa, dan siswa Gracia. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tahapan pelaksanaan dan hasil dari konser virtual sebagai teknik pemasaran di kursus musik Gracia Kediri. Manfaat teoritis yaitu hasil penelitian diharapkan dapat memperkuat teori pemasaran dalam mempertahankan kursus. Sedangkan manfaat praktis bagi lembaga kursus yaitu dapat menjadi acuan bagi lembaga kursus lain. Bagi mahasiswa dapat mengembangkan teori pemasaran dalam ranah pendidikan sebagai acuan penelitian. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, program konser virtual berhasil meningkatkan jumlah peminat yang dibuktikan melalui penambahan jumlah siswa Gracia setelah penyelenggaraan konser. Antusias peserta didik terlihat pada proses penyelenggaraan konser virtual, diantaranya dalam penguasaan lagu yang dimainkan, serta peran wali murid turut mempersiapkan peserta didik dalam pemilihan kostum dan latihan mandiri. Strategi pemasaran yang dilakukan melalui pemilihan lagu hingga konsep konser virtual yang akan ditampilkan, lalu pengambilan video pada masing-masing peserta didik, serta tahap evaluasi yang berfungsi untuk mengetahui detail penyelenggaraan konser secara utuh. Program konser virtual Gracia diagendakan secara rutin dan berkelanjutan.

Published
2021-10-08
How to Cite
Medy, M., & Handayaningrum, W. (2021). KONSER VIRTUAL SEBAGAI TEKNIK PEMASARAN DALAM KURSUS MUSIK GRACIA KEDIRI. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 11(2), 207-218. https://doi.org/10.26740/jps.v11n2.p207-218
Section
Articles
Abstract Views: 540
PDF Downloads: 589