PEMBELAJARAN MUSIK MENGGUNAKAN PORTOFOLIO PREVIEW VIDEO YOUTUBE DI PERISTIWA HARMONI MUSIK STUDIO BOJONEGORO

  • Elva Rizki Anggraeni Universitas Negeri Surabaya
  • Warih Handayaningrum Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pembelajaran Kursus Musik, Portofolio Preview Video, Youtube

Abstract

Teknologi dalam pembelajaran berkembang pesat, baik pada pembelajaran formal maupun non formal termasuk kursus musik. Salah satu kursus musik yang memanfaatkan teknologi portofolio preview video dengan media Youtube dalam proses pembelajarannya adalah Peristiwa Harmoni Musik Studio di Bojonegoro. Tujuan penulisan ini menjabarkan proses pembelajaran musik menggunakan portofolio preview video di PHMS Bojonegoro, Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengumpulan data wawancara, dokumentasi dan observasi. Subjek penelitian terdiri dari owner, tutor, orang tua/wali dan siswa. keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan, reduksi data, penyajian data, dan simpulan. Berdasarkan hasil dan diskusi penelitian, proses pembelajaran portofolio preview video Youtube di PHMS Bojonegoro terdapat empat tahap yakni, tahap eksplorasi, tahap pendalaman, tahap live perform dan tahap pengambilan preview video dalam siklus satu bulan. Temuan hasil penelitian ini adalah portofolio preview video Youtube merupakan metode pembelajaran dan penilaian portofolio menggunakan media audio visual yang dipublikasikan melalui Youtube. Pada proses pembelajaran, preview video dapat memudahkan tutor dan siswa untuk melakukan tinjau ulang pada pembelajaran sebelumnya. Portofolio preview video Youtube di PHMS dinilai dapat membantu siswa untuk meminimalisir kesalahan dalam proses belajar. Sehingga dapat meningkatkan kompetensi siswa dari waktu ke waktu.

Published
2021-06-23
How to Cite
Anggraeni, E., & Handayaningrum, W. (2021). PEMBELAJARAN MUSIK MENGGUNAKAN PORTOFOLIO PREVIEW VIDEO YOUTUBE DI PERISTIWA HARMONI MUSIK STUDIO BOJONEGORO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 10(2), 224-239. https://doi.org/10.26740/jps.v10n2.p224-239
Section
Articles
Abstract View: 143
PDF Download: 147