MANAJEMEN PENDIDIKAN SENI TERHADAP ANAK JALANAN DI SANGGAR PENSI KABUPATEN BONDOWOSO

  • Kartika Ramadhan Universitas Negeri Surabaya
  • Warih Handayaningrum Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Manajemen, Pendidikan Seni, Anak Jalanan

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Sanggar Pensi Kabupaten Bondowoso yang didirikan oleh Badi Subadi pada tahun 2005. Salah satu kunci kesuksesan Sanggar Pensi dapat bertahan dan tetap eksis yaitu manajemen pendidikan seni yang cukup baik. Pokok permasalahan yang dikaji yaitu bagaimana manajemen pendidikan seni yang diberikan kepada anak jalanan di Sanggar Pensi, dengan tujuan mendeskripsikan manajemen pendidikan seni anak jalanan di Sanggar Pensi yang terdiri dari beberapa aspek yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Peneliti menggunakan metode pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan dalam menganalisis data langkah yang dilakukan pertama mereduksi data, lalu dilanjutkan dengan penyajian data dan diakhir penarikan kesimpulan. Peneliti menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu untuk validitas data. Berdasarkan hasil penelitian dalam mengatur manajemen pendidikan seni, Sanggar Pensi menerapkan empat fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan yang diatur dalam perencanaan jangka panjang dan pendek, diwujudkan dengan program sanggar yang telah dibuat, pengorganisasian dengan penyusunan struktur organisasi dalam mengorganisasikan pendidikan seni, penggerakan yang dilakukan secara bersamaan dengan pelaksanaan pendidikan seni dan pengawasan yang dilakukan secara langsung oleh ketua sanggar, hal tersebut dilakukan agar kegiatan pendidikan seni dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan visi, misi, dan tujuan sanggar.

Published
2020-09-07
How to Cite
Ramadhan, K., & Handayaningrum, W. (2020). MANAJEMEN PENDIDIKAN SENI TERHADAP ANAK JALANAN DI SANGGAR PENSI KABUPATEN BONDOWOSO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(2), 206-218. https://doi.org/10.26740/jps.v9n2.p206-218
Section
Articles
Abstract Views: 362
PDF Downloads: 269