MANAJEMEN PAGUYUBAN PEMINAT SENI TRADISI CHANDRA KIRANA DI SMP NEGERI 1 KERTOSONO

  • Ria Rahayu Septika Universitas Negeri Surabaya
  • Warih Handayaningrum Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Manajemen, Paguyuban Peminat Seni Tradisi Chandra Kirana

Abstract

Paguyuban Peminat Seni Tradisi (PPST) Chandra Kirana di SMPN 1 Kertosono diketuai oleh Sri Indah Wahyuni, S.Pd. Mulai resmi menjadi anggota PPST Jawa Timur sejak tahun 2009. Usia 11 tahun ternyata mampu eksis dan banyak meraih prestasi di berbagai tingkat. Hal tersebut merupakan usaha yang menjadi kunci keberhasilannya dalam mempertahankan kelestarian seni tradisi dengan pengelolaan manajemen sanggar yang dilaksanakan dengan baik. Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) bagaimana manajemen Paguyuban Peminat Seni Tradisi (PPST) Chandra Kirana? (2) bagaimana kendala dan solusi penanganan manajemen Paguyuban Peminat Seni Tradisi (PPST) Chandra Kirana? Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan perekaman. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, interpretasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pengelolaan manajemen Paguyuban Peminat Seni Tradisi (PPST) Chandra Kirana menerapkan manajemen Lini yaitu pelaksanaannya terdapat beberapa devisi dimana pimpinan langsung memberikan keputusan dan tugas kepada devisi di bawahnya. Fungsi manajemen yang digunakan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Kendala yang ada diatasi dengan musyawarah bersama untuk menemukan solusi terbaik.

Published
2022-04-01
How to Cite
Septika, R., & Handayaningrum, W. (2022). MANAJEMEN PAGUYUBAN PEMINAT SENI TRADISI CHANDRA KIRANA DI SMP NEGERI 1 KERTOSONO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(1), 95-110. https://doi.org/10.26740/jps.v9n1.p95-110
Section
Articles
Abstract Views: 156
PDF Downloads: 127