MANAJEMEN PAGUYUBAN PEMINAT SENI TRADISI CHANDRA KIRANA DI SMP NEGERI 1 KERTOSONO

Authors

  • Ria Rahayu Septika Universitas Negeri Surabaya
  • Warih Handayaningrum Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/jps.v9n1.p95-110

Keywords:

Manajemen, Paguyuban Peminat Seni Tradisi Chandra Kirana

Abstract

Paguyuban Peminat Seni Tradisi (PPST) Chandra Kirana di SMPN 1 Kertosono diketuai oleh Sri Indah Wahyuni, S.Pd. Mulai resmi menjadi anggota PPST Jawa Timur sejak tahun 2009. Usia 11 tahun ternyata mampu eksis dan banyak meraih prestasi di berbagai tingkat. Hal tersebut merupakan usaha yang menjadi kunci keberhasilannya dalam mempertahankan kelestarian seni tradisi dengan pengelolaan manajemen sanggar yang dilaksanakan dengan baik. Berdasarkan latar belakang, maka rumusan masalah penelitian ini yaitu (1) bagaimana manajemen Paguyuban Peminat Seni Tradisi (PPST) Chandra Kirana? (2) bagaimana kendala dan solusi penanganan manajemen Paguyuban Peminat Seni Tradisi (PPST) Chandra Kirana? Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan perekaman. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, interpretasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pengelolaan manajemen Paguyuban Peminat Seni Tradisi (PPST) Chandra Kirana menerapkan manajemen Lini yaitu pelaksanaannya terdapat beberapa devisi dimana pimpinan langsung memberikan keputusan dan tugas kepada devisi di bawahnya. Fungsi manajemen yang digunakan yaitu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Kendala yang ada diatasi dengan musyawarah bersama untuk menemukan solusi terbaik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-01

How to Cite

Septika, R. R., & Handayaningrum, W. (2022). MANAJEMEN PAGUYUBAN PEMINAT SENI TRADISI CHANDRA KIRANA DI SMP NEGERI 1 KERTOSONO. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 9(1), 95–110. https://doi.org/10.26740/jps.v9n1.p95-110

Issue

Section

Articles
Abstract views: 164 , PDF Downloads: 137

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>